Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Melindungi Dan Mencegah Komputer Dari Spam

Cara Melindungi Dan Mencegah Komputer Dari Spam
Anda tentunya sudah sering mendengar dengan kata spam, bukan? Betul, spam merupakan ancaman yang paling nyata yang ada di dunia surat menyurat elektronik yang di sebut sebagai (e-mail). Sudah banyak sekali orang yang mengalami kerugian akibat ulah spam. Spam terjadi kemungkian di sebabkan oleh biaya dan kemudahan pengiriman e-mail ke banyak pengguna atau orang sekaligus. Kelemahan yang akan anda peroleh dari spam adalah bahwa seseorang dapat dengan mudah memalsukan alamat pengiriman e-mail tersebut. Dan ketika e-mail tersebut telah di palsukan oleh spam maka email tersebuat di sebut juga dengan (spam e-mail) atau (junk e-mail) yang artinya adalah e-mail sampah. Spam e-mail yang terdapat di dunia surat menyurat (e-mail) yang beredar adalah sebesar 50%. Sungguh angka yang sangat besar bukan? maka dari itu anda harus lebih berhati-hati dalam mengirimkan e-mail, berikut ini saya sudah rangkumkan beberapa cara agar aman dalam mengirim e-mail.

A. Cara Mencegah Spam

Cara Melindungi Dan Mencegah Komputer Dari Spam
Sudah banyak cara yang di lakukan oleh beberapa orang untuk mencegah spam dalam e-mail mereka. Tapi, apakah anda sudah tahu pasti bagaimana cara yang terbaik dalam mencegah spam tersebut? spam sebenarnya di lakukan oleh segelintir orang saja. Kelemahan yang sering terjadi pada pengguna internet adalah bahwa mereka tidak dapat secara aktif menolak adanya spam. Pada kenyataanya, hanya ISP dan pengelola e-mail serverlah yang bisa mencegah spam. Tapi di sini anda dapat belajar cara mencegah atau setidaknya mengurangi efek yang merugikan dari spam. Berikut rangkumanya :
  • Usahakan agar anda tidak membuka spam e-mail, apalagi membalasnya. Langsung saja anda delete (hapus). Jika anda mengetahui ISP yang menjadi domain dari pengirim e-mail, anda bisa mengajukan komplain ke ISP tersebut. Ingatlah, jika anda berfikir dengan membalas spam e-mail tersebut, maka spam e-mail akan berhenti. Anda sangat SALAH. Hal tersebut jika anda lakukan justru akan menambah spam e-mail ke alamat e-mail anda.
  • Jika anda menerima spam yang memuat unsur kriminal, anda bisa langsung melaporkan ke Departemen Hukum dan HAM.
  • Anda juga bisa melaporkan adanya spam ke situs-situs yang memang khusus menerima laporan spam. Contohnya seperti : www.spamcop.com.
  • Jika anda berniat memberikan alamat e-mail ke teman di media social maka anda jangan menggukan @, tapi gunakanlah dengan karakter lain atau menggantinya dengan "at". Contoh, janganlah anda menulis alamat email, seperti emailku@gmail.com, tapi tulislah emailku[at]gmail[dot]com. Dengan begitu spammer akan sulit mendeteksi alamat e-mail anda.
B. Tips Untuk Menghindari Spam


Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menghindari spam, berikut adalah tips-tipsnya :
  • Jangan anda gunakan e-mail utama untuk semua hal, terutama ketika anda menggunkan internet. Gunakanlah e-mail utama anda pada saat tertentu saja. Dan itupun harus di tandai dengan karakter yang tidak memakai "@"
  • Berhati-hatilah ketika anda memasukan data di form, biasanya ada pemberitahuan di chekbox yang berisi "YES, I want to be contacted by select third parties concerning products I might be interested in". Di karenakan hal ini bisa saja mengundang untuk para spammer.
  • Samarkanlah alamat e-mail anda ketika sedang chatting, berkomentar di blog, newsgroup, milis, dan sosial media.
  • Gunakanlah alamat e-mail yang panjang. Artinya, anda jangan hanya menggunakan nama depan dan nama belakang saja, tapi gunakan dengan inisial umur, tempat lahir, dan sebagainya. Semakin panjang alamat e-mail anda, maka akan semakin sulit di tebak dan di spam.
  • Set e-mail yang nyasar atau tidak di ketahui asal usulnya agar tidak di forward ke root e-mail.
Oke begitulah beberapa tips dan Cara Melindungi Dan Mencegah Komputer Dari Spam jangan biarkan e-mail anda di penuhi oleh spam e-mail, dan jangan biarkan juga para spammer menerobos masuk dan membuat e-mail anda hancur. Berbagi ke teman anda dengan cara klik tombol di bwah ini. Trima kasih semoga bermanfaat

10 komentar untuk "Cara Melindungi Dan Mencegah Komputer Dari Spam"