Pengalaman Prakerin Anak TKJ Yang Penuh Kenangan

Prekerin merupakan singkatan dari Praktek Kerja Industri, yaitu praktek kerja secara nyata di lembaga-lembaga atau perusahaan, tetapi masih berlabelkan sekolah dan biasanya prakerin di jalani oleh siswa SMK yang sudah duduk di bangku kelas XI. APKOMINDO merupakan sebuah komunitas para pemilik toko komputer, dan inilah yang sering menjadi tempat prakerin Anak Tkj. Ya saya sendiri prakerin di toko komputer yang juga ikut komunitas dari APKOMINDO, yaitu Javacomp yang terletak di wilayah cilacap. Di sana saya mendapat banyak sekali pengalaman dan kenangan saat prakerin dari mulai yang senang hingga sedih, selama prakerin saya mendapat ilmu tambahan yang sama sekali belum saya dapatkan di lingkungan sekolah. Pengalaman yang paling saya senangi yaitu saat di ajak keluar untuk service komputer di tempat orang lain, dan biasanya saya juga berangkat sendiri ke tempat orang untuk nyervice komputer. Javacomp juga sudah saya anggap sebagai keluarga sendiri, karena pemilik toko komputer tersebut sangat ramah kepada semua anak yang prakerin di Javacomp. Tetapi ada kenangan yang tak bisa saya lupakan saat prakerin di Javacomp yaitu saat saya dan satu teman prakerin nyervice dan membongkar pc, yang saat itu rusak pada bagian RAM (Random Acces Memory). Pada awalnya pc sudah menyala dan berjalan normal, tapi entah apa yang ada di pikiran saya, kemudian saya bongkar ulang pc tersebut dan menambahkan RAM pada pc tersebut. agar komputer bekerja semakin cepat dan maksimal. Tapi apa yang terjadi ternyata setelah saya nyalakan komputer tersebut. Dorrr!!! pc meledak dan bau asap di mana-mana. kemudian saya rapihkan dan mengembalikan kepada pemilik komputer tersebut dan hanya bisa bilang. 
Maaf, komputer anda sudah tidak bisa di betulkan, karena mengalami error pada bagian hardware.
Haduhh, sangat berat saya mengatakan itu, tapi apa daya semua sudah terjadi, dan komputer tidak mungkin kembali normal lagi. Dan satu lagi kenangan yang tak terlupakan yaitu saat saya di suruh oleh Pak Hidayanto pemilik Javacomp, waktu itu saya di suruh mengambil Lcd Monitor di toko komputer lain, untuk memastikan Lcd Monitor tersebut tidak mengalami cacat hardware, maka Lcd Monitor tersebut di buka dan di cek oleh pegawai toko komputer tersebut. Benar Lcd Monitor tidak mengalami cacat hardware dan masih mulus. Kemudian saya bawa pulang ke Javacomp dan saya juga di suruh membuka dus Lcd Monitor tersebut. Segera saya mengambil Cater (sejenis silet), ternyata saat di buka ada bekas goresan cater di layar Lcd Monitor, mungkin karena saya menekan cater terlalu dalam saat mencoba membuka dus hingga mengenai layar Lcd Monitor. Semenjak kejadian itu saya agak jauh dengan pemilik Javacomp dan merasa sangat bersalah. Tapi semua sudah berlalu dan saya hanya bisa ambil hikmahnya saja, karena di setiap sesuatu harus di pikirkan dulu. Nah itulah Pengalaman Prakerin Anak TKJ Yang Penuh Kenangan dan apa yang di katakan guru memang terbukti, bahwa belajar itu tidak selamanya di lakukan dalam kelas, karena ternyata masih banyak ilmu pengetahuan di luar sana yang tidak di ajarkan di kelas. Dan juga tidak selamanya anak sekolah belajar teori saja, tapi juga butuh yang namanya praktek langsung.

Gimana dengan pengalaman prakerin kalian para Anak TKJ khususnya, jika ada pengalaman dan kenangan di tempat prakerin, silahkan tulis di bagian komentar, kita saling berbagi pengalaman sesama Anak TKJ.

1 Komentar untuk "Pengalaman Prakerin Anak TKJ Yang Penuh Kenangan"

  1. ditempat saya sih namanya PKL (Praktek kerja Lapangan), dan juga saya PKL nanti Bulan Agustus 2016 di kelas 3 semester 1.

    BalasHapus

1. Berkomentarlah yang relevan dan sesuai topik pada artikel

2. Gunakan bahasa yang sopan

3. Dilarang menautkan link aktif dan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel