Sejarah Dan Perkembangan Internet Terlengkap

Jika membahas tentang sejarah internet, pastinya kita juga harus mengingat awal berdiri internet dan pencipta internet tersebut. Ialah J.C.R Licklider dari MIT (Massachutts Institute of Technology), ia juga yang mengemukakan tentang jaringan global yang berguna agar orang bisa terhubung dan mengakses di mana dan kapan saja.

Sejarah Dan Perkembangan Internet Terlengkap

Internet merupakan kepanjangan dari Interconnected Network yaitu sebuah jaringan komputer yang di buat oleh departemen pertahanan amerika serikat pada tahun 1969 silam, dengan melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang di namakan ARPANET (Advanced Reseacrh Project Agency Network).

Tujuan utama di bentuknya proyek itu adalah untuk keperluan militer, yang pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departemen of Defence) yang membuat system jaringan komputer untuk di sebar dan di hubungkan dengan komputer-komputer lain di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah jika terjadi serangan nuklir dan guna menghindari terjadinya informasi terpusat, yang jika terjadi perang bisa dengan mudah di hancurkan.

Pada awalnya ARPANET hanya terhubung dengan 4 situs saja yaitu : Santa Barbara, University of Utah, Stanford Research Institute, University of California. Itulah 4 situs yang pertama terhubung dengan ARPANET, pada tahun 1969 mereka membentuk satu jaringan terpadu dan pada bulan oktober 1972 ARPANET secara resmi di perkenalkan. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang cepat dan pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Maka dari itu sekarang ARPANET di bagi menjadi dua bagian yaitu "MILNET" di fungsikan untuk kebutuhan  militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk kebutuhan non-militer, seperti universitas-universitas. Gabungan dari kedua jaringan tersebut akhirnya di kenal publik dengan nama "DARPA Internet", yang kemudian di ubah atau di sederhanakan menjadi Internet. Sebelum munculnya internet, sudah ada beberapa komunikasi system yang berbasis digital, contohnya yaitu Telegraf. 

Telegraf dianggap sebagai pendahulu internet karena system ini hadir pada abad ke-19 atau seratus tahun lebih sebelum internet muncul dan di gunakan secara umum di tahun 1990-an. Teknologi telegraf ini di ciptakan dari konsep yang ada bahkan sebelum komputer pertama di ciptakan, konsep telegraf yaitu mengirimkan data lewat media elektromagnetik seperti kabel atau radio. Namun teknologi ini hanya mampu menghubungkan masksimal dua perangkat saja.

Mengenai Sejarah dan Perkembangan Internet, sebetulnya kita cukup tahu tentang sekilas pendiri, tahun di bentuk, dan perkembangan internet hingga saat ini, itu saja sudah lebih dari cukup untuk mengetahui sejarah tentang internet. Memang saat ini hampir semua orang dapat mengakses internet di mana, kapan, dan menggunakan apa saja. Apalagi di jaman yang modern saat ini sudah ada Smartphone, tentunya akan lebih memudahkan kita untuk mengakses internet.

loading...
Tag : Internet
0 Komentar untuk "Sejarah Dan Perkembangan Internet Terlengkap"

1. Berkomentarlah yang relevan dan sesuai topik pada artikel

2. Gunakan bahasa yang sopan

3. Dilarang menautkan link aktif dan spam

Back To Top