Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Panduan Cara Merakit Komputer (PC) Mudah Dan Lengkap

Mempunyai PC dari hasil komputer rakitan sendiri tentunya lebih berkesan dari pada beli sudah jadi komputer, kenapa??? Karena merakit komputer sendiri kita jadi lebih paham tentang bagian-bagian atau komponen dari komputer tersebut. Perakitan komputer pastinya membutuhkan banyak biaya dan modal karena untuk merakit komputer anda harus membeli komponen komputer satu-persatu, tapi sebanding dengan keluar modal dan biaya banyak anda juga akan merasa puas dengan hasil komputer rakitan. Dan enaknya merakit komputer sendiri anda bisa memilih dan menggunakan komponen komputer dengan spek dewa alias tinggi, kemudian untuk cara merakitnya cukup mudah, anda tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Tetapi sebelum anda merakit komputer, anda harus menyiapkan beberapa komponen-komponennya seperti berikut ini.


  1. Motherboard
  2. RAM
  3. Processor
  4. VGA Card (Jikalau perlu)
  5. Power Supply
  6. Harddisk
  7. Kipas dan Heatsink
  8. DVD/CDROM
  9. Casing
  10. Mouse dan Keyboard
  11. Monitor
  12. Speaker
  13. Driver komputer
  14. Operating system seperti Windows 7 atau 8.

Jika semua komponen untuk merakit komputer sudah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perakitan komputer.

Langkah-langkah Merakit Komputer (PC) 

Pertama : Hal utama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan motherboard atau di sebut juga dengan papan untuk menerapkan semua komponen komputer, jika motherboard sudah di siapkan, kemudian cari tempat untuk meletakan processor.

*Ingat motherboar dan processor haru sesuai, dan biasanya motherboard dan processor ini di jual dalam satu paket.

Panduan Cara Merakit Komputer (PC) Mudah Dan Lengkap

Kemudian pasangkan processor pada tempat yang sudah di sediakan, dengan cara buka pengait tempat processor, dan pastikan semua pin (kaki processor) sudah tertanam atau masuk pada tempatnya, lalu tutup kembali tuas pengait processornya.

Kedua : Pasang heatsink (kipas) di atas processor, namun sebelum anda memasang kipas di atas processor, anda harus mengoleskan pasta thermal di bagian atas processor secara merata, hal ini bertujuan agar untuk menghantarkan panas yang akan di tempelkan dengan pendingin (kipas). Setelah heatsink (kipas) terpasang, jangan lupa kunci heatsink dengan pengait yang sudah di sediakan, lalu sambungkan juga kabel konektor heatsink (kipas) ke motheboard.

Panduan Cara Merakit Komputer (PC) Mudah Dan Lengkap

Ketiga : Langkah selanjutnya yaitu memasang RAM (Random Acces Memory) dengan cara menekan kebawah pengait kunci RAM yang ada pada motherboard, lalu pasangkan RAM sesuai dengan jenis dan tipenya (DDR II atau DDR III) 

Panduan Cara Merakit Komputer (PC) Mudah Dan Lengkap

Nah untuk cara pemasangan RAM yang baik dan benar, anda tekan RAMnya secara perlahan pada tempat yang sudah di sediakan, jika pengait RAM mengunci RAM dengan sendirinya berarti anda telah berhasil memasang RAMnya. Nah untuk anda yang ingin menambahkan memasanag VGA, anda bisa memasangnya pada slot yang tersedia, biasanya terdapat di sebelah slot RAM.

Empat : Lalu jangan lupa pasangkan motherboard ke dalam casing yang sudah di siapkan, letakan motherboard secara perlahan, lalu sesuaikan dengan posisi casing dan kunci dengan baut-baut, agar motherboard tetap pada posisinya tidak goyah.

Lima : Kemudian pasang juga power supply biasanya terletak pada bagian atas casing atau di bagian sisi lainnya, ini sesuai jenis caringnya saja. Selanjutnya pasang atau hubungkan kabel power supply ke motherboard agar komputer dapat di nyalakan, karena power supply ini merupakan sumber daya atau arus komputer.

Panduan Cara Merakit Komputer (PC) Mudah Dan Lengkap

Enam : Pasangkan harddisk dan CDROM ke tempat yang sudah di sediakan, biasanya tempat harddisk dan CDROM terdapat pada casingnya. Kunci harddisk dan CDROM dengan memasang baut yang sudah di sediakan di pinggiran harddisk dan CDROM. Lalu pasang juga kabelnya ke motherboard, untuk kabel harddisk yaitu menggunakan kabel ATA atau SATA tergantung kesesuaian anda.

Panduan Cara Merakit Komputer (PC) Mudah Dan Lengkap

Tujuh : Kemudian pasanglah beberapa kabel-kabel yang terdapat pada casing ke motherboard, kabel ini yaitu seperti kabel untuk tombol power, restart. Untuk cara pemasangannya anda tinggal lihat pada bagain motherboard yang sesuai dengan kabel tombol power atau restart.


Delapan : Nah jika semua sudah selesai langkah selanjutnya yaitu menutup casing dengan penutup yang sudah tersedia, dan di kunci dengan baut.

Sembilan : Langkah yang terahir adalah memasang kabel power, monitor, keyboard, mouse ke motherboard yang terdapat di bagian belakang casing. Pasanglah sesuai jenis dan slotnya, dan jangan lupa anda coba untuk menghidupkan komputer hasil rakitannya.

Jika komputer rakitan sudah nyala, maka selanjutnya adalah anda tinggal install system operasi seperti windows 7 atau 8 ke dalam harddisk. Dan jangan lupa menginstall aplikasi atau software-softwarenya juga agar komputer dapat di gunakan secara maksimal.

Mungkin itu pembahasan tentang Panduan Cara Merakit Komputer (PC) Mudah Dan Lengkap, semoga anda bisa merakit komputer dengan hasil yang sempurna dan tidak ada kendala apapun. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Panduan Cara Merakit Komputer (PC) Mudah Dan Lengkap"