Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Dan Definisi Router Beserta Fungsinya

Pengertian Dan Definisi Router - Kali ini saya akan membahas mengenai Router, apa itu router? kalian pasti sudah tahu bukan definisi dari router? Dan apabila belum nanti saya akan jelaskan secara detail tentang pengertian router, fungsi router dan jenis-jenis router. Sebagai gambaran router itu berfungsi untuk menghubungkan jaringan komputer ke beberapa jaringan yang lainnya. Dari pada penasaran sebaiknya langsung saja berikut adalah Pengertian Dan Definisi Router Beserta Fungsinya.

Pengertian Dan Definisi Router Beserta Fungsinya

  • Pengertian/Definisi Router
Definisi router merupakan sebuah hardware atau perangkat keras komputer yang berguna untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer yang sama maupun berbeda. 

Adapun proses routing yang artinya router dapat berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui intenet atau jaringan untuk dapat menuju tujuannya. Selain itu router juga dapat di gunakan untuk menghubungkan dua network/jaringan yang berbeda, contohnya Ethernet ke token ring.

  • Fungsi Router
Fungsi router pada dasarnya adalah untuk mengkoneksikan/menghubungkan sebuah jaringan ke jaringan yang lainnya. Tetapi berbeda dengan switch, karena fungsi switch hanya berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer untuk membentuk Local Area Network (LAN) dan sedangkan router berguna untuk menghubungkan antar LAN satu dan yang lainnya.

Selain itu router juga berfungsi sebagai alat untuk membagi IP address, secara statis maupun DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) yang nantinya di bagi ke semua komputer yang tersambung ke router tersebut. 

Router tidak hanya berfungsi sebagai penghubung antar LAN saja, namun juga bisa berfungsi sebagai wireless, dengan begitu router bisa di sambungkan ke komputer, smartphone, gadget atau yang lainnya, yang masih dalam jangkauan router tersebut.

Pengertian Dan Definisi Router Beserta Fungsinya

  • Jenis-jenis Router
Dalam hal ini router di bagi menjadi beberapa jenis, berikut ini adalah jenis-jenis dari router.
  1. Router Aplikasi merupakan sebuah aplikasi yang dapat di install di sebuah komputer/laptop, dan fungsinya sama seperti router asli yaitu menghubungkan network.
  2. Router PC merupakan sebuah PC komputer yang khusus di jadikan untuk router, dan biasanya system operasinya sendiri yang di khususkan untuk router. Dan sebuah system operasi yang bagus untuk router adalah mikrotik.
  3. Router Hardware merupakan sebuah perangkat keras komputer yang fungsinya sama dengan router, misal membagi IP address di suatu wilayah, misalnya : Acces point.
Nah itulah ulasan dari Pengertian Dan Definisi Router Beserta Fungsinya, bagaimana sekarang anda lebih paham bukan tentang arti router, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Definisi Router Beserta Fungsinya"