Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Dan Cara Mengatasi Blue Screen (Layar Biru) Pada Komputer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Blue Screen (Layar Biru) - Masalah dan penyebab laptop atau komputer yang mengalami Blue Screen pada windows itu sangatlah menyebalkan, penyebab Blue Screen ini terjadi karena adanya hardware atau software yang mengalami kerusakan parah atau Crash sehingga membuat system laptop menjadi restart. Masalah dan penyebab laptop atau komputer yang Blue Screen ini berbeda dengan masalah yang lain, seperti laptop hang. Karena masalah ini akan merestart laptop dengan sendirinya, untuk mengatasi penyebab Blue Screen ini ada beberapa yang harus anda lakukan. Langsung saja berikut Penyebab Dan Cara Mengatasi Blue Screen (Layar Biru) Pada Komputer.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Blue Screen (Layar Biru) Pada Komputer

  • Penyebab Blue Screen Pada Komputer
Penyebab terjadinya Blue Screen adalah adanya software atau hardware yang mengalami kerusakan pada system windows, atau lebih di kenalnya dengan Crash. Blue Screen terjadi karena windows mengalami Error Stop sehingga komputer mengalami kegagalan dan berhenti bekerja, efeknya adalah windows akan restart sendiri. Nah apabila anda sedang mengedit foto atau mengetik di Ms. Word ketika windows mengalami Blue Screen maka semua data anda akan hilang, karena windows akan restart sendiri, anda pun tidak sempat menyimpan data, karena Blue Screen terjadi secara cepat dan tiba-tiba. Saat Blue Screen terjadi windows secara otomatis akan membuat minidump yang akan menampilkan semua informasi tentang kegagalan system (Crash). Dengan minidump anda akan dapat mengetahui penyebab Blue Screen.
  • Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows dan Komputer
Secara default Blue Screen akan di tandai dengan restart komputer sendiri dan adanya layar biru pada desktop komputer atau laptop. Nah untuk dapat mengatasi hal ini cukup mudah dan praktis yaitu anda harus : 
- Buka Control Panel>System Security>System.
- Lalu Klik "Change Setting" di bagian Computer name, domain, and workgroup settings.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Blue Screen (Layar Biru) Pada Komputer

- Selanjutnya Pilih tab Advanced>Setting, di bagian Startup and Recovery.
- Lalu hilangkan ceklis pada "Automatically restart"

Penyebab Dan Cara Mengatasi Blue Screen (Layar Biru) Pada Komputer

Nah itulah cara mengatasi Blue Screen pada komputer, bagaimana sangat mudahkan? Eitss tapi anda juga perlu mengatasi Blue Screen dengan cara lain, jika cara di atas tidak berfungsi, berikut adalah cara lain untuk mengatasi komputer yang Blue Screen.
  • Scan Malware
Malware adalah system jahat yang akan menembus ke windows dana apalagi jika sampai ke kernek windows, yaitu sebuah tingkat windows yang terendah yang dapat mengakibatkan tidak stabilnya system pada windows. Solusinya adalah anda harus men-scan antivirus terhadap Malware.
  • Install Update Driver
Jika anda baru selesai menginstall sebuah komputer atau laptop, tentunya hal utama adalah harus menginstall driver-drivernya. Nah jika anda salah mengintsall driver atau kurang ter-update, maka anda harus download atau updatelah driver komputer. 
  • System Restore
Apabila Blue Screen ini terjadi pada windows komputer anda, maka sebaiknya gunakanlah System Restore untuk mengatasinya. Hal ini akan membuat komputer anda kembali pada keadaan sebelumnya (Restore).
  • Safe Mode
Jika komputer anda mengalami Blue Screen saat di nyalakan, anda masih bisa masuk menggunakan Safe Mode. Pada Safe Mode komputer hanya akan mengambil driver-driver penting, maka hal yang harus anda lakukan adalah cek driver yang mengalami kesalahan. Dan dengan Safe Mode anda dapat meng-uninstallnya.
  • Install Ulang
Cara ini merupakan cara yang terahir dan paling ampuh untuk mengatasi Blue Screen, dengan meng-install ulang windows, maka komputer anda akan bersih dari kerusakan. Dan system akan mulai dari awal, software-software pun hilang dan anda harus install software-softwarenya lagi.

Sebenarnya masalah Blue Screen jarang sekali muncul, namun jika sekali muncul maka anda harus secepatnya mengatasinya. Semoga Penyebab Dan Cara Mengatasi Blue Screen (Layar Biru) Pada Komputer di atas komputer anda kembali normal seperti semula. 

3 komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Blue Screen (Layar Biru) Pada Komputer"

  1. menurut saya, tergantung pesan yg muncul pada bluescreennya mas,..

    kemarin komputer saya baru saja dilanda blue screen, dan pesan yg muncul selalu berubah,...asumsi saya berarti banyak sistem yg ngga beres pada kompi,...

    saya coba baca2 di Google,..ternyata penerapan tipe windows juga berpengaruh,..kompi saya memakai mainboard asus keluaran tahun 2009, dan waktu itu window 7 ultimate yg saya pake,..efeknya memang kerja sistem kompinya jadi rada lelet, padahal aplikasi yg berjalan sudah banyak yg saya buang,..

    setelah saya ganti ke window xp SP3, kini semua berjalan normal, dan kompi lebih ringan kerjanya,..

    itu aja sedikit sharing dari saya,..salam

    BalasHapus
  2. Kalau windows 8 blue screen bagaiman cara mengatasinya mas?mohon info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama dengan cara di atas gan, mudahnya install ulang lagi windowsnya

      Hapus