Pengertian, Fungsi Dan Macam Macam Aplikasi Server

Pengertian, Fungsi Dan Macam Macam Aplikasi Server
Anak Tkj - Berbagi ilmu komputer kali ini akan memberikan materi tentang Pengertian, Fungsi Dan Macam Macam Aplikasi Server. Tentunya anda sudah mengetahui apa itu serverkan??? biar tidak lupa sebaiknya anda membacanya lagi.
  • Pengertian Server
Server merupakan komputer yang di fungsikan guna melayani, membatasi, dan mengontrol akses terhadap client-client dan sumber daya pada suatu jaringan komputer. Server juga di dukung oleh spesifikasi/hardware yang besar  (berbeda dengan komputer biasa), server mengfungsikan system operasi khusus yang di sebut sebagai  system operasi jaringan. Di dalam system operasi server ada berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur client/server.
  • Fungsi Server
Kegunaan server sangat banyak, salah satunya yaitu untuk koneksi internet, ilmu pengetahuan, atau sekedar penyimpan data. Di lihat dari fungsinya server dapat di kategorikan dalam beberapa macam, misalnya server aplikasi, server data maupun server proxy. Server aplikasi adalah server yang di gunakan untuk menyimpan berbagai aplikasi yang dapat di akses oleh client, server data di fungsikan untuk menyimpan data baik yang di gunakan client secara langsung maupun data yang di proses oleh server aplikasi. Server proxy berguna untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Secara umum kita lebih mengenal proxy server untuk dapat mengkoneksikan komputer ke internet.
  • Macam macam Aplikasi Server
Aplikasi server adalah aplikasi komputer yang berguna melayani permintaan akses dari komputer client. Berikut adalah macam macam aplikasi server.

1. Web Server

Web server merupakan perangkat lunak yang di pasang dalam sebuah server guna untuk menyediakan layanan permintaan data dengan protokol http atau https yang di akses melalui aplikasi tertentu seperti halnya web browser. Web server merespon permintaan dengan mengirimkan kembali konten berupa gambar, tulisan atau yang lainya dan kemudian menampilkanya melalui web browser.
Contoh web server yang umum dan sering di gunakan.
  • Web server Apache
Apache merupakan web server yang paling banyak di gunakan di internet. Program ini pertama kali dirilis untuk system operasi UNIX. Pada versi berikutnya Apache mengeluarkan programnya yang dapat di jalankan di windows NT. Apache mempunyai program yang sangat banyak, Hal ini memberikan fitur yang cukup lengkap bagi penggunanya.

  • Web server Litespeed
Litespeed web server merupakan teknologi baru yang di ciptakan untuk menggantikan Apache web server di masa yang akan datang. Menurut hasil riset Litespeed mempunyai kelebihan yaitu 50% lebih cepat dalam hal memproses PHP dan lebih cepat 6x di bandingkan Apache web server.
  • Web server Nginx
Nginx dengan cepat memberikan konten statis dengan penggunaan efisien sumber daya system. Hal ini dapat menyebarkan dinamis HTTP konten di jaringan menggunakan Fast CGI handler untuk script, dan dapat berfungsi perangkat lunak yang mampu menyeimbangkan beban.
  • Web server IIS
Merupakan kepanjangan dari Internet Information Service (IIS) adalah komponen yang dapat di gunakan untuk mengelola web, file transfer protokol (FTP), Ghoper, dan NNTP.

2. Proxy Server

Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainya untuk melakukan request terhadap content dari internet atau intranet. Proxy server bertindak sebagai gateway di dalam dunia internet untuk setiap komputer client. Proxy server bisa di gunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang di hubungkan ke sebuah jaringan publik. Proxy server memiliki banyak kegunaan dari pada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang menyeluruh terhadap akses jaringan. Berikut adalah beberapa kegunaan dari proxy server

  • Connection Sharing
  • Filtering dan
  • Chacing
3. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Dynamic host configuration protocol (DHCP) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang di pakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Jika jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada seluruh komputer secara manual. Dan jika DHCP di gunakan pada jaringan lokal, maka otomatis semua komputer yang tersambung di jaringan tersebut akan mendapatkan IP. Pada jaringan yang luas, DHCP di gunakan untuk mempermudah dan menghilangkan kemungkinan bentrok sesama nomor IP.

4. DNS Server

DNS atau (domain name system) adalah suatu layanan untuk memberikan informasi menterjemahkan nama nama host (domain) ke alamat alamat IP Addressing. Domain name system atau di singkat DNS bisa di gambarkan jika sebuah client melakukan browsing ke alamat domain tertentu yang di lakukan pertama kali adalah bertanya ke mesin DNS, dan DNS akan memberitahu kepada client tentang alamat IP address server tujuan karena di internet hanya di kenal pengalamatan IP Addressing. Misalnya ketika anda menulis www.yahoo.com di browser, maka secara otomatis DNS akan mengganti domain www.yahoo.com ke ip 192.211.48.254, nah itulah fungsinya DNS atau domain name system.

5. FTP (File Transfer Protocol)

FTP adalah salah satu protokol di internet yang memungkinkan pengguna internet melakukan pertukaran dan transfer file melalui sebuah server internet. Melalui FTP anda bisa dengan mudah mengakses, mengupload, mendonwload, dan mengelola file file di server internet secara mudah. server FTP secara umum terbagi menjadi dua yaitu anonymous FTP dan authenticate FTP. Pada anonymous, anda bebas mengakses server FTP dengan memakai "username" anonymous dan password berupa alamat email anda. Pada authenticate FTP, anda tidak bisa atau di larang mengakses server FTP jika tidak mempunyai username dan password ke server tersebut.

6. VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah sebuah koneksi yang aman antara dua segmen dari sebuah jaringan pribadi yang di gunakan pada sebuah jaringan publik seperti internet untuk mengurangi biaya operasional. Kedua segmen tersebut di koneksikan melalui jaringan publik. Untuk bisa mengamankan jaringan di dalamnya, VPN memakai dua teknologi yaitu tunneling dan enkripsi.

Itulah beberapa Pengertian, Fungsi Dan Macam Macam Aplikasi Server, materi tentang ilmu jaringan komputer sangatlah penting, kenapa?? karena di jaman sekarang ini hampir semua menggunakan jaringan komputer di antaranya materi tentang jaringan komputer yaitu pengerian server dan macam macam aplikasinya. Semoga bermanfaat

7 Komentar untuk "Pengertian, Fungsi Dan Macam Macam Aplikasi Server"

1. Berkomentarlah yang relevan dan sesuai topik pada artikel

2. Gunakan bahasa yang sopan

3. Dilarang menautkan link aktif dan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel