Mengenal Jenis Jenis Printer Secara Lengkap

Kebanyakan orang mengetahui printer sebagai alat atau peripheral komputer yang di gunakan untuk mencetak dokumen, gambar atau yang lainnya. Tetapi tidak faham dan mengerti jenis-jenisnya, maka dari itu saya akan bahas dan mengenalkan tentang jenis-jenis printer secara lengkap. Jenis jenis printer dapat di bedakan menjadi 3 bagian, yaitu : Printer inkjet, printer laserjet dan printer dot matrix. Dan dari ketiga jenis printer tersebut juga terdapat beberapa merk printer yang saat ini beredar di pasaran, seperti : Epson, HP, Canon, Hewlett, Lexmark dan lainnya. Namun untuk merk printer yang terkenal dan sering di gunakan di Indonesia yaitu merk printer Canon dan Epson. Untuk lebih jelasnya tentang jenis-jenis printer, berikut adalah ulasannya.

1. Printer Jenis Inkjet
Mengenal Jenis Jenis Printer Secara Lengkap
Gambar Jenis Printer Inkjet

Printer jenis ini merupakan jenis printer yang umumnya menggunakan tinta dye yang merupakan jenis tinta dengan kelebihan dan kualitas hasil cetakan warna yang bagus dan sempurna, akan tetapi tintanya cepat luntur dan kurang tahan lama terhadap perubahan cuaca. Printer jenis inkjet juga merupakan jenis printer yang paling banyak di gunakan di masyarakat Indonesia, hal ini di sebabkan karena jenis printer ini relative lebih murah di bandingkan dengan jenis-jenis printer lainnya. Selain itu, printer jenis inkjet juga di bedakan menjadi dua jenis, yaitu printer All in one dan printer infus. Dengan jenis printer inkjet all in one kita akan mendapatkan fasilitas tambahan yaitu adanya system scanner. Sedangkan dengan jenis printer infus, kita di mudahkan dan di ringankan dalam hal mengisi maupun memakai tintanya, sehingga biaya cetaknya lebih murah. Rata-rata jenis printer inkjet infus di gunakan oleh warnet-warnet atau tempat rental dan percetakan komputer.

2. Printer Jenis Laserjet
Mengenal Jenis Jenis Printer Secara Lengkap
Gambar Jenis Printer Laserjet

Printer jenis laserjet menggunkan tinta serbuk atau biasa di sebut dengan toner untuk mencetak dokumen atau gambar. Cara kerja printer jenis ini hampir mirip dengan kerja mesin foto copy, sehingga membuat printer jenis ini memiliki kelebihan dalam hal kecepatan mencetak dokumen, dan hasil cetakannya juga lebih bagus dan tintanya cepat kering jika di bandingkan dengan printer jenis inkjet. Printer jenis laserjet juga lebih awet dan tahan lama bila di bandingkan dengan jenis printer lainnya. Kekurangan printer jenis ini yaitu harganya yang cukup mahal dan juga dari segi bentuknya yang relative besar, dan rata-rata printer jenis ini di pakai oleh sebuah instansi atau perkantoran.

3. Printer Jenis Dot Matrix
Mengenal Jenis Jenis Printer Secara Lengkap
Gambar Jenis Printer Dot Matrix

Printer jenis dot matrix merupakan jenis printer yang mencetak dokumen menggunakan jarum jarum yang tersusun, ada sekitar 9 sampai 24 jarum yang di gunakan printer jenis ini. Cara kerjanya, jarum jarum ini nantinya akan memukul pita (printer ribbon), sehingga akan membentuk sebuah karakter tulisan pada kertas. Dan printer jenis ini juga akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras ketika sedang mencetak, hal ini di sebabkan karena adanya pukulan jarum ke pita dan pergerakan mekanik. Kelebihan printer jenis dot matrix yaitu dari segi pita printernya yang murah dan awet, selain itu printer jenis ini juga dapat di gunakan untuk mencetak continuous form atau kertas rangkap. Printer jenis ini juga memiliki kekurangan dalam hal kualitas cetakan yang kurang bagus dan hanya mampu mencetak dokumen berupa tulisan saja. Dan kebanyakan printer jenis ini hanya mempunyai satu warna saja, yaitu warna hitam.

Itulah sedikit ulasan tentang jenis jenis printer secara lengkap, semoga dengan artikel ini anda tidak hanya mengetahui fungsi printer, akan tetapi mengerti dan mengetahui betul jenis-jenisnya.

1 Komentar untuk "Mengenal Jenis Jenis Printer Secara Lengkap"

  1. terima kasih infonya mengenai jenis jenis printer ini.. sangat bermanfaat.. salam kenal ya :)

    BalasHapus

1. Berkomentarlah yang relevan dan sesuai topik pada artikel

2. Gunakan bahasa yang sopan

3. Dilarang menautkan link aktif dan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel