Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Domain, Hosting, VPS dan Dedicated Server

Pengertian Domain, Hosting, VPS dan Dedicated Server - Istilah-istilah atau pengertian di internet seperti Domain, Hosting, VPS dan Dedicated Server, memang masih banyak yang belum mengetahui apa pengertiannya.

Banyak sekali manfaat dari Domain, Hosting, VPS dan Dedicated Server, contohnya manfaat dari domain yaitu kita tidak perlu mengingat alamat IP sebuah website, dan jika website kita sudah berdomain level tinggi seperti (dot)com, (dot)net atau yang lainnya.

Maka website kita semakin professional dan di percaya oleh google maupun pengguna internet. Itu baru sebagian kecil manfaat dari domain, selanjutnya saya akan membahas manfaat-manfaat yang lain seperti manfaat Hosting, VPS, dan Dedicated Server. Berikut adalah pengertian-pengertian secara luas dan lengkap tentang Domain, Hosting, VPS dan Dedicated Server.

Pengertian Domain, Hosting, VPS dan Dedicated Server


1. Domain

Domain merupakan sebuah nama yang unik yang berguna untuk mengubah dan mengidentifikasi alamat IP (Internet Protocol). Dengan adanya domain, kita tidak usah menghapal deretan alamat IP. Di dunia internet domain di sewakan secara bebas, dan pada umumnya batas waktu sewa hanya satu tahun, tetapi bisa juga di perpanjang jika sudah melampaui batas sewa atau expired.

Ada banyak nama domain dan dari masing-masing nama domain tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri, dan nama domain yang paling populer dan sering di gunakan adalah (dot)com. Berikut ini adalah beberapa nama domain dan fungsinya.

.com - Di gunakan untuk komersil atau umum.
.net - Di gunakan untuk suatu organisasi network
.edu - Di gunakan untuk  sebuah institute pendidikan
.gov - Di gunakan untuk domain pemerintah
.org - Di gunakan untuk sebuah organisasi/non profit
.info - Di gunakan untuk sebuah kepentingan informasi

Itulah nama-nama domain, dan sebenarnya masih banyak nama -nama domain, tapi di atas adalah nama-nama yang populer dan umum di gunakan oleh sebuah lembaga atau individu. Tetapi anda jangan terpatok dengan fungsi domain di atas, anda bisa memilih nama domain sesuai selera anda.

2. Hosting

Hosting juga bisa di sebut dengan (web hosting) yaitu sebuah penyewaan tempat yang berguna untuk menampung data-data yang di butuhkan sebuah website, sehingga bisa di akses lewat internet. Data hosting dapat berupa gambar, file, aplikasi, email, program/script dan database website. Manfaat memiliki Hosting sendiri adalah anda bisa mengontrol dan mengendalikan secara keseluruhan website anda. Jadi dengan hosting tersebut anda bisa mengakses penuh website.

3. VPS

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server yaitu sebuah komputer atau server yang kita miliki (tetapi setelah berlangganan), VPS tidak berada di dalam rumah kita. Tetapi kita bisa mengakses VPS kapan pun dan dimana pun melalui jaringan internet.

Seperti halnya komputer/laptop VPS juga bisa di install sebuah aplikasi dan juga bisa untuk menyimpan data. Secara umum VPS sering di gunakan untuk Cloud Computing. Fungsi VPS yaitu untuk membantu maupun sebagai pengganti komputer yang dapat di gunakan 24 jam, dan juga berfungsi untuk menjalankan software secara realtime dan bisa juga untuk menyimpan data-data penting anda.

4. Dedicated Server

Yang terahir adalah pengertian dari Dedicated Server yaitu sebuah tipe hosting yang menyewakan secara penuh tanpa di bagikan kepada user/pengguna lain. Nah jiika anda membeli sebuah Dedicated Server sebenarnya anda hanya menyewa sebuah layanan hosting dari Dedicated Server, tetapi anda di berikan dan mendapat akses penuh terhadap server. Manfaat dan kelebihan dari Dedicated server adalah yaitu tadi anda di berikan akses penuh servernya dengan begitu anda dapat menentukan system operasi, spesifikasi dari hardware server dan pengaturan lainnya yang biasanya di batasi pada jenis hoting lain.


Itulah Pengertian Domain, Hosting, VPS dan Dedicated Server, dari urain di atas anda bisa menentukan sendiri manfaat-manfaatnya. Dan anda harus mencoba menggunakan layanan-layanan di atas seperti Domain, Hosting, VPS dan Dedicated Server.

4 komentar untuk "Pengertian Domain, Hosting, VPS dan Dedicated Server"