Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sejarah Dan Perkembangan Komputer Secara Lengkap

Sejarah komputer dari dulu hingga saat ini telah banyak mengalami perkembangan, yang dulu komputer hanya sebagai alat pengolah data namun sekarang telah menjadi alat yang serba guna dan hingga setiap individu wajib mempunyai sebuah komputer untuk menunjang dan kebutuhan masing-masing. Dan kali ini saya akan membahas mengenai sejarah dan perkembangan komputer, yang tentunya akan membahas mulai dari komputer generasi 1 hingga saat ini dan bahkan komputer masa depan. Baik langsung saja berikut ulasan mengenai Sejarah Dan Perkembangan Komputer Secara Lengkap

Sejarah Dan Perkembangan Komputer Secara Lengkap


Komputer Generasi I

Perkembangan pada saat komputer generasi pertama yaitu komputer untuk keperluan desain pesawat dan peluru kendali. Central processing unit atau di singkat CPU merupakan mesin utama yang di gunakan pada komputer generasi pertama guna untuk mengendalikan semua system pada komputer.

Komputer Generasi II

Nah pada perkembangan komputer generasi kedua di temukan adanya penemuan sebuah alat yang berguna untuk memaksimalkan kerja sebuah komputer, alat tersebut di namakan transistor. Nah dengan adanya penemuan alat ini, semua lembaga telah seperti universitas, perusahaan telah mencoba manfaat dari komputer generasi kedua yang di tandai dengan adanya penemuan transistor yang berukuran sangat kecil. Sehingga membuat komputer pun berukuran lebih kecil ketimbang komputer generasi pertama.

Komputer Generasi III

Karena transistor dalam pemakaiannya membuat komponen cepat panas, makas seorang ilmuwan yang bernama Jack Billy membuat penelitian dan hingga saat pada tahun 1958, dia membuat komponen canggih dari pada transistor. Yaitu IC (Integrated Circuit) chip ini dapat berfungsi untuk menampung beberapa komponen menjadi satu.

Dengan adanya IC komputer generasi ketiga ini relatif lebih kecil di banding komputer generasi kedua, selain itu komputer generasi ketiga ini juga mendukung system multitasking, yang artinya dapat membuka program/aplikasi secara bersamaan.

Komputer Generasi IV

Pada perkembangan komputer generasi ke empat ini sudah semakin canggih, dimana chip IC mulai rancang dan di kembangkan lagi. Pada sekitar tahun 1980-an perusahaan yang bernama Very Large Scale Integration mulai mencoba melakukan perkembangan, dan ahirnya satu chip yang dapat menampung ribuan komponen komponen. Nah dari sinilah sebuah PC (Personal Computer) mulai muncul. Sejak kejadian itu komputer mulai di pasarkan dan tak sampai di situ juga muncullah sebuah komputer yang dapat di bawa kemana-mana yaitu laptop.

Komputer Generasi V

Perkembangan komputer generasi kelima masih dalam angan-angan atau yang saat ini masih dalam tahap pengembangan/penelitian. Komputer generasi kelima atau sering di sebut dengan komputer masa depan, yang saat ini sebenarnya sudah mulai berkembang yaitu dengan adanya smartphone, tablet, ultrabook dan lain lain. Untuk perkembangan yang selanjutnya adalah sebuah perangkat atau komponen komputer yang di lakukan tanpa harus kontak fisik, artinya kita tidak perlu menyentuh sebuah program sudah dapat berjalan sebagaimana kita perintahkan melalui otak. Dan akankah hal ini terjadi? Hanya waktu dan zaman yang dapat menjawab.

Itulah Sejarah Dan Perkembangan Komputer Secara Lengkap, jika anda membaca dari awal generasi komputer pertama hingga saat ini tentunya anda mengenal betul sejarah komputer, yang dulu komputer itu besar dan sampai saat ini komputer bisa di bawa kemana-mana yaitu laptop. Dan bahkan para ilmuwan maupun vendor sedang meneliti sebuah komputer masa depan, yang dapat di jalankan dapat sentuhan atau kontak dengan fisik. Komputer masa depan juga di kabarkan dapat di perintah hanya dengan otak.

Posting Komentar untuk "Sejarah Dan Perkembangan Komputer Secara Lengkap"