Cara Aktivasi Windows 10 Terbaru

Windows merupakan sistem yang tidak asing lagi di Indonesia karena sangat banyak penggunanya. Salah satu jenis keluaran terbaru dari Windows adalah Windows 10. Beragam fitur baru yang menarik tersedia dan dapat di-update. Hanya saja, untuk melakukan update, anda harus melakukan aktivasi Windows 10 terlebih dahulu.

Cara Aktivasi Windows 10 Terbaru
Cara Aktivasi Windows 10 Terbaru

Bagaimana cara untuk mengaktivasi Windows? Caranya yaitu dengan membeli digital licency-nya terlebih dahulu. Lisensi ini biasanya tersedia di marketplace seperti Buka Lapak, Tokopedia, dan sebagainya, dengan rentang harga bervariasi antara Rp 100.000–Rp 500.000.
Nantinya, anda akan diminta untuk menyertakan keterangan pendukung, seperti versi Windows yang ingin dibeli lisensinya dan alamat email tujuan dikirimkan lisensinya. Jika ada ongkos kirim yang dibebankan, pilih saja yang termurah. Karena produknya sendiri yang berbentuk digital akan langsung dikirimkan melalui email.

Prosedur Aktivasi Windows 10 Dengan Lisensi Digital
  1. Bukalah lisensi yang dikirimkan oleh penjual pada email anda
  2. Buka menu ‘Setting’ pada PC atau laptop, pilih tab ‘Activation’ hingga muncul jendela baru pada Windows
  3. Klik change product key yang digunakan untuk mengubahnya
  4. Masukkan product key yang telah anda buka melalui email tadi
  5. Klik ‘Next’ di kolom perintah yang muncul
  6. Klik ‘Activated’ dan Windows anda pun telah selesai diaktivasi

Mengaktivasi Windows 10 original dengan memakai lisensi berbayar memang tidak sulit. Anda hanya perlu membeli lisensinya terlebih dahulu. Namun, terkadang laptop yang anda beli sudah diaktivasi terlebih dahulu lisensinya oleh toko penjualnya. Anda akan mengetahui hal ini ketika menggunakan laptop. Akan muncul notifikasi yang bertuliskan ‘Your Windows Will Expire Soon’.

Artinya, bahwa Windows pada laptop anda akan segera kadaluarsa dan harus diaktivasi kembali. Jika tidak, notifikasinya akan terus muncul. Hal ini bukan berarti bahwa Windows yang diinstall pada laptop anda tidak original. Namun, bisa saja terjadi karena pemilik toko laptop membeli lisensinya secara bersamaan kemudian menggunakannya di laptop yang dijual.

Karena memiliki activation master key, pemilik toko dapat mengaktifkan Windows pada laptop mereka. Sementara, untuk laptop yang lainnya harus terkoneksi dengan jaringan master minimal 6 bulan sekali. Jika tidak, status aktivasi akan dicabut kembali oleh Windows 10.

Jika laptop anda mendapatkan notifikasi akan expired, anda dapat melakukan aktivasi Windows 10 dengan bantuan aplikasi AAct. AAct sendiri merupakan salah satu tools aktivasi yang dapat didownload. Sesuaikan dengan bit pada tipe sistemnya, 32 atau 64 bit.

Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Buka tools-nya, tekan tombol berbentuk gear yang ada pada bagian kiri bawah.
  2. Begitu muncul kolom pilihan, klik menu ‘Auto Mode’
  3. JIka tidak mempunyai product key dari laptop, klik ‘install GVLK key’
  4. Jika anda memiliki product key-nya, klik ‘install own key’ di bagian bawahnya.
  5. Prosesnya akan berlangsung selama beberapa detik.
  6. Setelah product key berhasil terinstall, klik menu ‘Windows activation’ pada menu utama aplikasi ini.
  7. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Nah, aktivasi Windows 10 telah selesai. Anda dapat memeriksa hasilnya dengan mengecek statusnya pada Windows Information. Cara ini dapat digunakan jika laptop anda termasuk pada windows volume base. Reaktivasi juga dapat dilakukan agar pop up windows expired tidak sering muncul dan mengganggu pekerjaan anda.

Itulah dua cara yang dapat dilakukan untuk aktivasi Windows 10, yaitu dengan membeli lisensi digitalnya atau menggunakan tools. Cara yang terbaik terbaik tentu saja dengan membeli lisensi berbayarnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Aktivasi Windows 10 Terbaru"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah yang relevan dan sesuai topik pada artikel

2. Gunakan bahasa yang sopan

3. Dilarang menautkan link aktif dan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel