Cara Reset Printer Epson L120 Lengkap Dan Terbaru

Setiap printer memiliki batas maksimal untuk mencetak dokumen. Jika batas ini telah terlewati lampu indikator printer pun akan menyala dan printer tidak dapat digunakan lagi. Cara mengatasinya tidak terlalu sulit. Untuk Epson tipe L120, Anda hanya harus melakukan reset printer Epson lagi untuk mengosongkan memorinya sehingga dokumen yang dicetak terhitung dari awal lagi.

Cara Reset Printer Epson L120 Lengkap Dan Terbaru

Cara untuk mereset printer tidaklah sulit. Para teknisi juga memakai cara ini terlebih dahulu sebelum mengecek kerusakan-keruskan lainnya. Namun, tidak perlu khawatir. Anda tidak harus membawanya ke service centre karena mereset printer dapat dilakukan sendiri. Berikut uraian langkah-langkahnya.


1. Reset Printer Secara Otomatis

Ketika pemakaian Printer Epson L120 sudah melebihi dari batas maksimalnya, lampu oranye akan berkedip secara bergantian (blinking) dan di layar komputer atau laptop akan muncul kotak dialog dengan tulisan ‘Service Required’. Hal ini menunjukkan bahwa printer anda mengalami masalah ‘Waste Ink Full’ sehingga harus dikosongkan memorinya.

Reset printer Epson secara otomatis dilakukan dengan bantuan software Resetter. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Download Resetter Epson L120 terlebih dahulu jika anda belum memiliki software tersebut
  • Setelah terdownload, ekstrak dengan menggunakan rar atau zip ekstraktor untuk mengambil filenya.
  • Pastikan printer telah tersambung dengan kabel USB pada komputer atau laptop anda. Dengan demikian, bisa langsung terbaca secara otomatis.
  • Klik 2x pada ‘adjprog.exe’ (Resetter Epson L120) dan program akan mulai berjalan.
  • Klik ‘Particular Adjusment Mode’ 
  • Begitu keluar kotak jendela baru, pilih ‘Waste Ink Pad Counter’ yang ada di bagian Maintenance, klik ‘Ok’
  • Kemudian anda akan masuk pada jendela reset, beri tanda centang pada bagian ‘Mainpad Counter’ lalu klik ‘Check’.
  • Setelah itu klik ‘Initialize’.
  • Program Resetter akan melakukan pengosongan selama beberapa saat.
  • Jika sudah selesai, klik ‘Finish’.
  • Matikan printer dan nyalakan kembali. Proses reset printer Epson pun selesai.

2. Reset Printer Epson L120 Secara Manual

Cara ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah ink level yang eror. Biasanya masalah ini ditandai dengan printer yang tidak dapat dipakai untuk mencetak dan lampu indikator tinta menyala namun tidak berkedip-kedip. Berbeda dengan nyala lampu indikator pada masalah Waste Ink Full.

Langkah-langkah untuk mereset secara manual yaitu sebagai berikut:
  • Nyalakan printer terlebih dahulu
  • Tekan tombol resume (dengan simbol segitiga ada lingkarannya) dan tahan selama 5-10 detik kemudian lepaskan
  • Setelah tombol dilepas biasanya lampu indikator tinta yang menyala akan langsung mati dan printer bisa digunakan kembali
  • Jika lampu indikator masih tetap menyala, ulangi kembali cara di atas. Tekan kembali selama 5 detik, kemudian lepas, tekan lagi selama 3 detik, lepas lalu tekan selama 1 detik. Interval waktu antara tekanan yang satu dan lainnya haruslah cepat.
  • Biasanya setelah itu printer bisa digunakan kembali
  • Jika tidak, berarti masalahnya bukan terletak pada ink level. Anda harus mengecek bagian yang lain.

Printer penerus dari L100 ini harganya masih terjangkau dibandingkan dengan seri yang lain. Kualitas cetaknya pun tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Hasil cetakannya berkualitas tinggi, baik dokumen maupun foto. Anda dapat mencetak undangan, brosur, foto atau yang lainnya dengan bagus. 

Meskipun masih merupakan printer dengan fungsi tunggal yaitu hanya untuk mencetak, namun Epson L120 ini dibekali dengan sistem infus dari pabrikannya. Sama seperti printer-printer yang lainnya, tipe ini juga terkadang mengalami masalah dalam pemakaiannya. Karena itu, penting untuk mempelajari cara reset printer Epson anda dapat memperbaikinya sendiri jika solusinya hanyalah reset.

Belum ada Komentar untuk "Cara Reset Printer Epson L120 Lengkap Dan Terbaru"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah yang relevan dan sesuai topik pada artikel

2. Gunakan bahasa yang sopan

3. Dilarang menautkan link aktif dan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel