Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Agar Komputer/Laptop Terhindar Dari Virus Terbaru

Virus merupakan salah satu dari banyak hal yang dikhawatirkan oleh para pengguna komputer/laptop. Selain karena adanya koneksi internet, saling bertukar data melalui USB pun semakin memperbesar resiko perangkat anda terinfeksi virus. Mengingat akibat yang ditimbulkan oleh virus ini tidak bisa dianggap sepele, maka anda pun harus mencari cara agar  komputer/laptop terhindar dari virus.


Bagaimana Caranya Agar Komputer/Laptop Terhindar Dari Virus?, berikut beberapa tips yang anda lakukan agar komputer/laptop terhindar dari virus.


1. Memasang Antivirus Terbaru Yang Di-Update Secara Berkala
Antivirus adalah benteng pelindung sistem komputer yang wajib dipasang bagi pengguna komputer/laptop. Ada begitu banyak antivirus yang beredar, mulai dari yang berbayar hingga yang gratis, yang berukuran kecil sampai pada yang besar.

Beberapa jenis antivirus yang direkomendasikan untuk digunakan adalah Avast, Avira, AVG, Smadav, dan lain sebagainya. Tersedia versi terbarunya yang diluncurkan secara berkala agar perlindungan terhadap data pada sistem komputer dapat terus diperbarui.  Dengan update secara teratur diharapkan komputer/laptop terhindar dari virus.

2. Melakukan Scanning Secara Berkala
Scan komputer secara terjadwal untuk memastikan bahwa semua file di dalam komputer aman dan tidak terinfeksi virus. Lakukan scanning ini seminggu atau sebulan sekali, atau bahkan setelah komputer anda dimasuki oleh flashdisk dari tempat lain.

Flashdisk yang sering dipakai pada komputer warnet dan rental-rental pengetikan serta print biasanya sudah terinfeksi dengan virus. Meskipun efek yang ditimbulkannya tidak terlalu berbahaya, tetapi sebaiknya jangan sampai masuk ke dalam sistem komputer anda. 

3. Berhati-hati Jika Menggunakan Internet
Dimanakah sarang virus? Salah satunya tentu saja adalah melalui internet. Anda tidak akan pernah mengetahui kapan dan dalam bentuk apa saja virus akan menyerang. Terkadang bahkan iklan-iklan pun merupakan virus. Jangan terpancing untuk mengklik iklan yang kelihatannya terlalu menarik atau menggoda.

4. Hindari Jaringan Terbuka
Yang dimaksud dengan jaringan terbuka adalah jaringan WiFi tanpa kata sandi ataupun password. Jika ada jaringan Wi-Fi tanpa password, jangan langsung percaya dan membuka koneksi. Bisa jadi jaringan tersebut sengaja dipasang untuk menyebarkan virus ke dalam sistem komputer.

5. Berhati-hati Jika Menggunakan USB
Saat ini USB merupakan tempat penyimpanan data yang paling praktis dan popular pada saat ini. Sayangnya, kemudahan penggunaanya justru menjadikan USB rentan sekali terinfeksi virus karena sering berpindah-pindah dari komputer satu ke yang lainnya.

Jika ingin memasukkan USB ke dalam komputer, anda harus terlebih dahulu lakukan scanning, memastikan USB tersebut bersih atau mengkarantina virus yang berhasil ditahannya. Dengan demikian, komputer/laptop terhindar dari virus.

6. Membuka email attachment dari pengirim yang tidak dikenal
Terkadang, anda menerima email dari orang yang tidak dikenali yang berisi attachement tertentu. Jangan terburu-buru untuk membuka lampirannya. Bisa jadi itu adalah virus komputer.

7. Menghapus Software Yang Tidak Dipakai
Mengapa harus dihapus? Karena akan memperberat kerja RAM dan processor sementara aplikasinya sendiri jarang dipakai. Terlebih dahulu cek aplikasi apa saja yang tidak terpakai, kemudian uninstall dan bersihkan dengan software CC Cleaner.

CC Cleaner ini berguna untuk menghapus file yang sudah di-uninstall secara bersih, membersihkan file history, dan masih banyak lagi.

8. Lakukan defrag  pada Drive C
Untuk merapikan kembali file system karena uninstall software-software yang tidak penting sebelumnya, lakukan defrag pada hardisk drive C. Hal ini penting dilakukan sebab Drive C adalah tempat penyimpanan sistem operasi. Jika banyak file acak yang tersimpan disitu, kinerja komputer pun akan terasa berat.

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, bukan? 8 tips di atas akan membantu agar komputer/laptop terhindar dari virus. Rajin dan disiplin melakukan langkah-langkah tersebut akan menjadikan computer anda tetap bagus kinerjanya dalam jangka waktu lama. Tertarik untuk mencobanya?

Posting Komentar untuk "Tips Agar Komputer/Laptop Terhindar Dari Virus Terbaru"