Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Password Yang Bagus Dan Berkualitas

Cara Membuat Password Yang Bagus Dan Berkualitas

Cara Membuat Password - Password adalah sebuah kata kunci yang di gunakan seseorang untuk membuka atau mengakses informasi yang umumnya bersifat rahasia, dan biasanya data tersebut terletak pada komputer/laptop atau media penyimpanan online, password juga merupakan tool penting yang sifatnya harus sangat rahasia.

Apakah anda termasuk pengguna password? Memang, kesadaran orang untuk membuat password sangatlah rendah, walaupun mereka menggunakan password, namun tetap saja mereka menggunakan password yang kurang aman. Kebanyakan dari mereka membuat password dengan menggunakan format yang mudah di ingat.

Baca Juga : Istilah-istilah dalam Komputer

Cara Membuat Password Yang Berkualitas 

Apakah anda sudah tahu cara membuat password yang bagus dan berkualitas? Jika belum, maka anda harus belajar tentang tips membuat password yang bagus, dan berikut ini adalah Cara Membuat Password Yang Bagus Dan Berkualitas.

1. Informasi

Janganlah anda gunakan informasi yang berkaitan dengan diri anda sendiri karena nantinya password yang anda buat akan mudah di tebak oleh hacker. Selain hacker yang mencoba mencari nama, alamat, rumah anda, dan lain-lain, hacker juga akan menggabungkan beberapa data diri anda tersebut untuk dapat membuka password yang anda buat.

2. Gunakan Kata Yang Sulit

Anda juga jangan menggunakan kata-kata yang terdapat dalam kamus. Kenapa? karena hacker dapat dengan mudah menebak-nebak password anda dengan software yang mereka pakai. Sekali lagi jangan menggunakan kata-kata dalam kamus.

3. Campurkan Huruf

Untuk membuat password anda aman, anda dapat mencampurkan beberapa huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter seperti @ atau *, contohnya (Anaktkj@sch*) dengan begitu password anda menjadi lebih aman.

4. Jangan Gunakan Kalimat Panjang

Anda juga bisa menggunakan kalimat panjang sebagai password, dari kalimat tersebut anda dapat menyingkatnya dengan mengambil huruf depannya saja untuk memudahkan anda mengingatnya. Misalnya anda suka menulis, anda bisa menggunakan kalimat "Aku Suka Menulis Cerita" dan gunakan password "ASMECER". Dengan begitu orang lain akan sulit menebak password anda.

5. Gunakan Tools

Gunakanlah tool untuk menejemen password. Tool ini membantu anda mengalokasikan password jika di inginkan. Hal ini sebagai pengganti anda mencatat di kertas.

6. Gunakan Password Berbeda

Gunakan juga password yang berbeda di tiap akun atau aplikasi.

7. Rutin Ganti Password

Luangkanlah waktu untuk mengganti password tiap selang waktu. Misalnya, sebulan sekali atau tiga bulan sekali. Dan ingat password tidak boleh sama dengan yang sudah di gunakan sebelumnya.

8. Ingat Password

Pastikan agar anda tidak lupa dengan password yang anda buat. Jangan sampai anda membuat password yang sulit di tebak oleh orang lain, tetapi amda malah lupa dengan password sendiri.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dan Cara Membuat Password Yang Bagus Dan Berkualitas, semoga anda dapat membuat password seperti tips diatas. Tentunya akan lebih aman dan akan sulit di tebak oleh orang lain.

4 komentar untuk "Cara Membuat Password Yang Bagus Dan Berkualitas"

  1. haha info yang bagus gan .
    untung aku termasuk anak alay jadi passwordnya besar kecil campur dengan angka juga haha .
    templatenya fast gan .
    kalo untuk seo nya kurang tau soalnya masih 2 aja postingannya hehe

    BalasHapus
  2. Bukan hanya anak alay yg pake besar/kecil bro, smua pengguna internet terutama yg bisnis online pasti menggunakan password seunik mungkin yg jarang untuk orang menebak nya :) makasih infonya ya mas.

    BalasHapus
  3. wah keren gan artikelnya.. sukses buat blog agan..

    BalasHapus
  4. Iya gan. terkadang orang menaruh password sama dengan tanggal lahirnya, sangat mudah ditebak

    BalasHapus