Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beberapa Aplikasi Yang Wajib Ter-install Pada Komputer

Agar komputer atau laptop dapat di gunakan sebagaimana mestinya, kita harus menginstall sebuah System Operasi dan juga menginstall aplikasi ke dalam komputer. Setelah kita menginstall komputer dengan system operasi berupa windows xp, seven, atau windows 8, hal yang selanjutnya yaitu menginstall aplikasinya. Memang saat ini banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan user/pengguna untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Namun jika komputer di install banyak aplikasi tentunya komputer tersebut akan lambat dan lelet dalam bekerja. Karena terlalu banyak memakan kapastias RAM.
Beberapa Aplikasi Yang Wajib Ter-install Pada Komputer
Terus aplikasi apa saja yang harus di install pada komputer, agar komputer tidak lelet ?
Sebenarnya menginstall aplikasi komputer itu harus sesuai spesifikasi komputer dan kebutuhan anda. Jika anda seorang desainer, ya.. anda harus menginstall aplikasi desain seperti : Adobe Photoshop, Corel Draw, Auto Cad dan lain-lain. NAmun dalam hal ini saya akan menjelaskan aplikasi yang wajib dan umum yang harus ada pada sebuah komputer. Nah berikut adalah Beberapa Aplikasi Yang Wajib Ter-install Pada Komputer

1. Driver Komputer

Sebenarnya ini tidak masuk dalam aplikasi, tetapi jika anda telah selesai menginstall komputer dengan system operasi (baik itu windows xp, seven atau windows 8)  hal pertama yang wajib anda  lakukan sebelum menginstall aplikasi yaitu menginstall driver-driver komputer, seperti driver sound card, vga card, usb dan lain-lain. Hal ini di tujukan agar komputer anda bekerja secara maksimal dan optimal. Silahkan anda menggunakan bantuan aplikasi Driver Pack untuk dapat menginstall semua driver-driver komputer.

2. Anti virus

Aplikasi wajib kedua yaitu anti virus, hal ini di fungsikan untuk mencekal virus-vrus yang masuk sebelum anda menginstall aplikasi-aplikasi komputer yang lain. Ada banyak jenis aplikasi anti virus, namun anti virus rekomendasi dari saya adalah Smadav dan Avast. “Kenapa harus Smadav dan Avast? “ Karena menurut pengalaman saya pribadi anti virus tersebutlah yang handal dan kuat untuk membasmi virus-virus komputer.

Yang pertama : Smadav di tujukan untuk mencekal dan membasmi virus-virus local.

Yang kedua : Sebalikanya Avast di tujukan untuk mencekal dan membasmi virus-virus dari luar. 

Smadav dan Avast juga dapat di update jika ada versi pembaruan dan mestinya komputer harus terhubung dengan internet, jika ingin mengupdate anti virus anda.

3. Microsoft Office

Aplikasi wajib selanjutnya yaitu Microsoft office, karena setiap user/pengguna pastilah mempunyai dokumen-dokumen atau tulisan. Nah dokumen tersebut bisa di tulis dan di simpan di dalam micorsoft office word, ada sekitar 9 versi dari Microsoft office namun yang sering di gunakan hanya ada 3 versi 

  1. Microsoft office word di gunakan untuk menulis sebuah dokumen atau tulisan-tulisan anda.
  2. Microsoft office power point di gunakan untuk membuat sebuah presentasi
  3. Microsoft office Excel di gunakan untuk menghitung, menjumlah dan mengkalkulasikan pekerjaan kantor anda.
4. Adobe Reader

Aplikasi wajib yang selanjutnya yaitu Adobe Reader atau PDF, sama halnya dengan microsoft word aplikasi ini juga berfungsi untuk menyimpan dan membuka dokumen. Dan hanya dokumen yang berformat Pdflah yang dapat di buka pada aplikasi ini. 
Apa sih kelebihan Adobe Reader, dari pada microsoft word?
Kelebihan Adobe Reader adalah, jika dokumen anda telah berformat Pdf, maka dokumen anda tidak bisa di edit dan di acak-acak, beda dengan microsoft word, jika pada microsoft word dokumen anda dapat langsung di edit di dalamnya. Dan jika dokumen Pdf anda ingin di edit, tentunya anda harus meg-convert atau merubahnya ke dalam format microsoft word.

5. Browser Internet

Sebenarnya aplikasi browser internet sudah ada pada bawaan system operasi (baik itu windows xp, seven atau windows 8) yaitu IE atau Internet Explorer, namun kebanyakan orang tidak suka menggunakan Internet Explorer, mungkin karena tampilan yang kurang menarik atau apalah. Tapi yang jelas aplikasi browser internet yang sering di gunakan dan di install pada komputer yaitu Google Chrome dan Mozilla Firefox. Tapi menurut saya pribadi aplikasi browser internet terbaik adalah Google Chrome, karena selain tampilannya yang menarik dan klasik, aplikasi ini juga enteng dan tidak terlalu banyak memakan kapasitas RAM.

6. Adobe Flash Player

Apliasi ini sebenarnya plugin dari browser internet khususnya Mozilla Firefox, yang berfungsi untuk dapat memutar video online di internet. Misal anda ingin menonton video di youtube lewat browser Mozilla Firefox, tapi aplikasi Adobe Flash Player belum ter-install, maka akan muncul peringatan yang mengharuskan anda untuk menginstall aplikasi Adobe Flash Player. Dan jika aplikasi Adobe Flash Player sudah ter-install maka peringatan tidak akan muncul dan anda dapat menonton video di internet secara normal.

7. Aplikasi Multimedia

Dalam hal ini saya membagi Aplikasi Multimedia menjadi 2 bagian yaitu Aplikasi pemutar musik dan video.

  • Aplikasi Pemutar Musik

Tentunya anda jenuh, jika seharian hanya mengerjakan tugas-tugas dengan komputer saja, pastinya anda juga butuh hiburan kan? Nah salah satunya dengan mendengarkan musik. Aplikasi untuk memutar musik yang paling banyak di gunakan yaitu Winamp dan AIMP3, tapi menurut saya aplikasi pemutar musik yang bagus adalah AIMP3, karena selain kapasitasnya rendah, aplikasi ini juga mudah di gunakan dan tampilannya yang menarik.


  • Aplikasi Pemutar Video

Sebenarnya Aplikasi pemutar musik dan video sudah ada pada bawaan system operasi (baik itu windows xp, seven atau windows 8), namun aplikasi pemutar musik dan video bawaan system operasi jarang sekali di gunakan. Anda banyak aplikasi pemutar video, seperti K-Lite Codec Pack, Gom Player, KMP dan lain-lain. Anda tinggal memilih salah satu aplikasi tersebut untuk di install pada komputer. Tapi kebanyakan pengguna termasuk saya sendiri lebih suka menggunakan aplikasi K-Lite Codec Pack untuk memutar video.


8. Aplikasi Rar

Fungsi aplikasi rar yaitu untuk menyimpan file-file ke dalam format .rar, agar file tersebut tidak mudah terkena virus. Dan kebanyakan umumnya jika file sudah di jadikan format .rar sulit terjangkit virus. Ada 2 jenis Aplikasi rar yaitu Winrar dan Winzip, namun yang sering di gunakan adalah Winrar.

Nah itulah Beberapa Aplikasi Yang Wajib Ter-install Pada Komputer, jika anda ingin menginstall aplikasi yang lain sebaiknya anda melihat spesifikasi komputer dan kebutuhan anda sendiri, tetapi dengan Aplikasi wajib di atas sudah cukup untuk menjalankan komputer anda.

Posting Komentar untuk "Beberapa Aplikasi Yang Wajib Ter-install Pada Komputer"