Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Google Dan Facebook Bekerja Sama Menggarap Internet Supercepat

Anda pasti sudah sangat familiar dan kenal betul dengan google dan facebook, ya sebuah perusahaan raksasa internet di dunia ini ahir ahir ini akan berkolaborasi atau bekerja sama untuk membangun sebuah internet supercepat. Kedua perusaah raksasa internet ini memang sudah terkenal hingga pelosok dunia, miliaran orang sudah mengakses situs ini. Apalagi di jaman yang serba canggih dan modern saat ini pasti semua orang sudah mempunyai akun gmail dan facebook bukan? Tak dapat di ragukan dan di hitung lagi penghasilan kedua perusahaan tersebut, setiap detik saja sudah dapat menghasilkan jutaan hingga ratusan juta. Eitss, tapi kali ini saya tidak akan membahas penghasilan google dan facebook, yang akan di bahas adalah kerja sama kedua perusahaan ini dalam membangun internet supercepat.

Google Dan Facebook Bekerja Sama Menggarap Internet Supercepat


Nah niat dari google dan facebook adalah membangun internet supercepat yang menghubungkan antara kota Amerika Serikat, Los Angeles dengan Hong Kong, dan juga mereka berencana membangun internet supercepat dengan kabel di bawah laut 120 Terabits per second (Tbps). Proyek ini di perkiraan akan menjadi proyek terbesar dan tertinggi sepanjang kabel trans-Pasific, karena pendahulunya yang memegang rekor ini yaitu FASTER yang di kembangkan juga oleh google dengan kecepatan 26 Tbps.

Selain itu perusahaan raksasa internet ini juga akan bekerja sama dengan perusahaan anak dari China Soft Power Technology yaitu Pacific Light Data Communication. Dan perusahaan ini terbilang masih muda dan baru dalam hal pengembangan kabel di bawah laut.

Google Dan Facebook Bekerja Sama Menggarap Internet Supercepat

Proyek yang besar ini untuk membangun internet supercepat yang akan di umumkan pada ahir tahun ini menghabiskan biaya yang besar yaitu US$400 juta, atau sekitar Rp. 5,2 triliun. Sungguh biaya yang besar, dan kabel yang di gunakan pun berkualitas yang terdiri dari lima pasang serat. Dengan kesepakatannya, masing masing perusahaan yang ikut bekerja sama dalam proyek pembangunan inernet supecepat ini akan mendapatkan jatah yang sesuai. Dan masing masing perusahaan akan mendapatkan jatah sepasang serat sendiri untuk kebutuhan lalu lintas datanya. 


Pada sebelumnya perusahaan ini memang sudah bekerja sama dengan FASTER Consortium untuk membangun kabel jaringan bawah laut yang di gunakan untuk menghubungkan fasilitas google taiwan dengan jepang, jadi kabel yang baru ini menjadi kabel ke enam yang di rilis oleh google.

Menurut perusahaan raksasa internet ini, kabel yang di gunakan juga akan hadir dengan latensi dan bandwidth yang bagus untuk penggunanya di bagian wilayah Asia pasific. 

Posting Komentar untuk "Google Dan Facebook Bekerja Sama Menggarap Internet Supercepat"