Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Internet, Fungsi dan Manfaat Dari Internet

Di era yang serba canggih saat ini, internet memang sangat di butuhkan oleh masyarakat. Ada banyak sekali fungsi dari internet, mulai untuk mencari info di search engine, berkomunikasi, dan juga bisa bertatap muka dengan system yang dinamakan video call. Semua bisa di lakukan dengan adanya koneksi internet, tapi jangan di salah gunakan ya fungsi internet. Manfaatkanlah interet sebaik mungkin dan dengan sikap yang positif, karena baru-baru ini banyak pengguna internet yang menyalah gunakan fungsi internet, misal : untuk tindak penipuan, kejahatan, dan asusila. Karena menurut saya pribadi Internet itu seperti PISAU, "jika anda gunakan pisau dengan baik pasti akan bermanfaat untuk orang lain, dan jika anda menyalah gunakan pisau maka akan berdampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain". 


Pengertian Internet, Fungsi dan Manfaat Dari Internet

Interconnection networking atau di singkat dengan internet merupakan sebuah jaringan system komunikasi luas (global) yang dapat mengkoneksikan atau menghubungkan ratusan, jutaan dan bahkan milyaran jaringan komputer yang ada di dunia.

Mulanya internet adalah sebuah jaringan komputer yang di buat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DPAS) pada tahun 1969, dengan sebuah proyek yang di sebut ARPANET. Tujuan utama dari proyek ini sebenarnya hanya untuk kebutuhan militer saja, tetapi seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman kini internet bisa di akses oleh semua orang.


Pengertian Internet, Fungsi dan Manfaat Dari Internet

Kini internet sudah tersebar luas hingga pelosok negri, dan ada banyak sekali fungsi dan manfaat internet bagi para penggunanya. Nah berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat internet.

  • Pengetahuan atau Wawasan Bertambah
Yang pertama, dengan mengakses internet anda dapat menambah pengetahuan dan wawasan di dunia internet (maya) ada jutaan dan bahkan milyaran informasi yang bisa anda dapatkan di internet secara cuma-cuma alias gratis. 

Apalagi jika anda seorang pelajar, dengan adanya internet anda bisa dengan mudah mencari dan menemukan informasi di internet tentang pelajaran. Eitss tapi jangan terpaku kepada internet ya, saran saya, anda boleh mencari informasi tentang pelajaran di internet, tapi hal ini di lakukan jika memang sudah mentok dan memang benar-benar tidak ada di buku. Tapi rata-rata informasi di internet mengacu atau di publikasikan oleh media yang sudah tertera di buku.

  • Mudah dan Cepat dalam Berkomunikasi
Nah dengan adanya internet anda dapat berkomunikasi dengan siapa saja dan dimana saja dengan mudah dan cepat. Sekalipun itu orang luar negri anda tetap bisa dengan mudah berkomunikasi dengannya melalui jaringan internet. 

Tak hanya itu anda juga bisa menambah teman, saudara di internet, dengan cara mendaftar di jaringan social media facebook, twiter, google plus atau yang lainnya. Dengan mendaftar di social media tersebut anda bisa dengan mudah dan cepat berkomunikasi satu sama lain.

  • Berbagi Apapun Menjadi Lebih Mudah
Anda juga dapat dengan mudah berbagi/sharing semua hal dengan internet, misal berbagi ilmu komputer, resep makanan, info lowogan pekerjaan dan lain-lain. Anda bisa berbagi info di social media, forum-forum yang ada di internet atau membuat blog personal/pribadi.

  • Belanja Mudah dengan Internet
Bagi anda yang sibuk atau tidak ada waktu untuk berbelanja, maka ada bisa memanfaatkan internet untuk mencukupi kebutuhan. Anda bisa berbelanja makanan, pakaian, fashion atau yang lainnya di internet. Dengan belanja di internet anda tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang yang anda butuhkan, belanja online di internet memang sangat mudah dan tidak memakan waktu yang banyak. Tapi anda juga haru tetap hati-hati jika terjadi penipuan, alhasil barang yang anda pesan tidak datang dan uang anda habis. Saran saya pilihlah website jual beli yang terpecaya dan sudah terkenal di kalangan umum internet.

  • Mencari Lowongan Pekerjaan menjadi Mudah
Dengan memanfaatkan internet anda menjadi lebih mudah untuk mencari info lowongan pekerjaan, ada banyak sekali situs-situs atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dan mereka mem-publikasikannya lewat internet. Nah bagi anda yang sedang mencari pekerjaan bisa mudah menemukannya di internet.

  • Internet sebagai Tempat Hiburan
Selain mudah dalam mencari informasi, internet juga bisa di jadikan sebagai tempat hiburan. Bagi anda yang sedang jenuh, galau, bingung anda bisa menghibur diri di internet. Salah satunya dengan menonton video lucu, unik atau yang lainnya di internet. Silahkan kunjungi Youtube untuk menemukan video-video menarik yang bisa menghibur anda saat jenuh.

  • Mencari Uang di Internet
Nah yang terahir dari pembahasan Pengertian Internet, Fungsi dan Manfaat Dari Internet, adalah anda bisa mencari dollar atau uang di internet. 
Apa bisa mendapatkan uang di internet? Bagaimana caranya?
Jawabannya adalah sangat bisa, anda bisa mendapatkan uang di internet dengan menjadi blogger, youtuber atau mengikuti program affilite dan masih banyak lagi cara mencari uang di internet.

Itulah uraian singkat tentang Pengertian Internet, Fungsi dan Manfaat Dari Internet, semoga dengan membaca artikel ini anda lebih paham menganai dunia internet. Dan jangan lupa gunakanlah internet untuk hal-hal yang positif. Trima kasih

Posting Komentar untuk "Pengertian Internet, Fungsi dan Manfaat Dari Internet"