Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Dan Fungsi Processor Secara Lengkap

Tahukah anda apa itu processor? Pengertian processor dan Fungsi processor itu sangatlah penting bagi perangkat komputer, jika sebuah komputer tidak ada processor sama saja bohong alias tidak berfungsi dan tidak jalan. Nah perangkat keras ini merupakan central atau sebuah otak dari komputer, maka processor sangatlah penting untuk komputer. Berikut adalah Pengertian Dan Fungsi Processor Secara Lengkap

Pengertian Dan Fungsi Processor Secara Lengkap


  • Pengertian Processor
Processor merupakan sebuah hardware atau perangkat keras komputer yang sangat penting dan merupakan sebuah pusat kendali komputer. Dimana semua perangkat komputer di kendalikan oleh sebuah processor.

Processor juga merupakan suatu IC yang berguna untuk mengendalikan seluruh jalannya system komputer dalam menjalankan program-programnya. Processor sendiri terletak pada socket motherboard yang sudah di sediakan, dan umumnya terletak di bagian tengah. Processor juga bisa di upgrade atau di ganti dengan processor lain yang kualitasnya lebih tinggi.

  • Fungsi Processor
Adapun beberapa fungsi processor yang sangat penting bagi komputer, namun pada dasarnya fungsi processor adalah untuk sebagai alat (output) dan (input). 
  • Output sebagai alat keluaran sedangkang,
  • Input sebagai alat masukan data yang di terima, dan nantinya akan keluarkan lewat system output.
Nah itulah fungsi dasar dari processor, namun masih ada fungsi-fungsi lain dari processor dan berikut ini adalah fungsi lain dari processor.

1. Menjaga system performa komputer

Fungsi lain dari processor adalah menjaga performa komputer, dimana processor tidak bertugas sebagai central atau pusat komputer, tapi juga bertugas menjaga performa komputer. Tak hanya itu processor juga akan memberi signal jika terjadi kerusakan pada hardware-hardware komputer. 

2. Menginformasikan ke semua perangkat agar bekerja

Fungsi processor yang lain adalah sebagai ketua atau pusat kendali bagi semua perangkat komputer dan komputer tersebut. Jadi processor adalah kendali bagi semua perangkat yang ada pada komputer, dan jika processor tidak memberikan informasi atau kendali maka semua perangkat pun akan diam dan tidak bekerja.

3. Mengatur Jalannya perangkat komputer

Processor jelas berfungsi untuk mengatur jalannya perangkat komputer yang ada seperti, RAM, Hardisk, dan perangkat komputer yang lain. Processor dapat memutus jika tidak sesuai program kerja perangkat masing-masing. 
Sebenarnya masih banyak lagi fungsi dari processor, tapi fungsi yang sangat mendasar adalah sebagai alat output dan input. Mungkin itu saja Pengertian Dan Fungsi Processor Secara Lengkap. Semoga dengan membaca artikel ini anda jadi tahu betul apa yang di namakan processor. Terima kasih.

2 komentar untuk "Pengertian Dan Fungsi Processor Secara Lengkap"