Tutorial Membatasi Koneksi IDM Dengan Mikrotik

Dengan membatasi koneksi download dengan IDM (Internet Download Manager) di mikrotik membuat semua user kebagian jatah untuk menggunakan koneksi IDM. Anda bisa membatasi koneksi IDM menggunakan layer7 protocol yang ada di mikrotik, selain itu manfaat membatasi koneksi IDM adalah agar semua user bisa mendapatkan akses koneksi IDM untuk download dan hal lainnya. Tutorial Membatasi Koneksi IDM Dengan Mikrotik ini saya buat karena ada yang request di halaman facebook kami (https://www.facebook.com/anaktkj.net), nah jika anda menggunakan atau mendownload dengan IDM yang tidak di batasi, maka akan dapat mendownload sekaligus atau 16 koneksi. Tentunya hal ini akan memboroskan bandwidth, dan user lain juga tidak kebagian, jikalau kebagian pun proses untuk download akan lelet atau lemot. Untuk mengatasi hal ini, maka hal yang harus di lakukan adalah membatasi koneksi IDM menggunakan layer7 mikortik. Langsung saja berikut adalah langkah-langkah untuk Membatasi Koneksi IDM Dengan Mikrotik.

Sebelum ke pengaturannya, silahkan anda coba dulu IDMnya untuk mendownload suatu file atau data, gambar di bawah ini menunjukkan bahwa IDM belum kita setting dan masih menggunakan koneksi 16 atau mendownload sekaligus.

Tutorial Membatasi Koneksi IDM Dengan Mikrotik

Langkah pertama : Silahkan buka winbox, lalu masuk ke menu IP>Firewall, lalu pilih menu tab Layer 7 Protocols. Kemudian tambahkan rule baru, dan settinglah seperti gambar di bawah ini :

Tutorial Membatasi Koneksi IDM Dengan Mikrotik

  • Keterangan 
  1. Name : Limit IDM  
  2. Regexp : get /.*(user-agent: mozilla/4.0|range: bytes=)

Langkah Kedua : Silahkan pilih menu tab Filter, lalu tambahkan rule baru. Dan pada tab General setting seperti berikut :
  1. Chain : Forward
  2. Protocol : TCP
Tutorial Membatasi Koneksi IDM Dengan Mikrotik

Langkah Ketiga : Selanjutnya pada menu tab Advanced, silahkan pilih Layer 7 Protocol dan pilihlah nama Layer 7 yang sudah di buat pada langkah pertama.

Tutorial Membatasi Koneksi IDM Dengan Mikrotik

Langkah Ke empat : Pada menu tab Extra, settinglah seperti berikut

  1. Limit : 2 (Terserah anda, mau berapa koneksi yang boleh di buka IDM)
  2. Netmask : 32
Lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini:


Tutorial Membatasi Koneksi IDM Dengan Mikrotik

Langkah Kelima : Nah pada langkah yang terahir silahkan pilih menu tab Action, dan pilih drop. Lihat gambar :

Tutorial Membatasi Koneksi IDM Dengan Mikrotik

Sampai saat ini anda telah berhasil membatasi koneksi IDM Dengan mikrotik, dengan ini sekarang anda tidak perlu khawatir akan terkurasnya bandwidth atau user lain yang tidak kebagian koneksi IDM, selain itu dengan di batasinya koneksi IDM akan lebih teratur dan berjalan secara lancar. 

Silahkan sekarang anda coba atau tes untuk mendownload file lagi, dan hasilnya IDM akan memberikan hanya 2 koneksi sesuai perintah atau pengaturan yang kita buat.

Tutorial Membatasi Koneksi IDM Dengan Mikrotik

Mungkin itu saja Tutorial Membatasi Koneksi IDM Dengan Mikrotik, silahkan paktekan cara ini di sekolah, warnet atau yang lainnya. Jika anda ingin request artikel juga bisa, langsung saja hubungi kami di menu Contact Us atau mengirim pesan ke halaman facebook. Terima kasih

1 Komentar untuk "Tutorial Membatasi Koneksi IDM Dengan Mikrotik"

  1. Assalamualaikum.Wr.Wb
    mas, untuk limit idm dengan queue simple bagaimana ?

    BalasHapus

1. Berkomentarlah yang relevan dan sesuai topik pada artikel

2. Gunakan bahasa yang sopan

3. Dilarang menautkan link aktif dan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel