Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Komputer Cepat Panas, Dan Cara Ampuh Menanganinya

Jaman sekarang apa sih yang tidak menggunakan komputer? dari mulai ngetik, ngeprin, design dan lain sebagainya, tentunya anda akan kesal jika komputer yang anda gunakan cepat panas, dan jika komputer panas bisa mengakibatkan nge-hang. Karena komputer cepat panas juga tidak bagus untuk system software maupun hardwarenya. Dan mungkin anda bertanya-tanya dalam hati.
Apa sih penyebab komputer cepat panas, padahal cuma buat mainan sebentar.?


  • Komputer atau Laptop terlalu lama untuk nge-Game
Penyebab Komputer Cepat Panas, Dan Cara Ampuh Menanganinya

Jika anda seorang gamer, tentunya anda harus membeli spesifik komputer yang cocok dengan keahlian anda, dan jika komputer yang anda gunakan berspesifik standard dan buat main Game terlalu lama, maka inilah penyebab utama komputer atau laptop anda cepat panas. Karena buat nge-Game komputer membutuhkan tiga komponen yang bekerja keras yaitu Processor, Vga dan Memory. Processor yang bekerja terlalu keras akan mengakibatkan panas tinggi dan bissa-bisa komputer anda akan restart sendiri. Untuk menanganinya anda harus menambahkan kipas di bagian belakang CPU yang berguna untuk mengeluarkan udara panas dari dalam.
  • Fan Pendingin Komputer Rusak atau Kotor dan Berdebu
Penyebab Komputer Cepat Panas, Dan Cara Ampuh Menanganinya

Fan atau kipas merupakan penyebab terjadinya komputer cepat panas, jika putaran kipas menurun tentunya komputer menjadi cepat panas, apalagi jika fan atau kipas kotor dan berdebu hal ini akan menyebabkan processor menjadi Overheating atau kelebihan panas. Jika hal ini tetap di biarkan maka komputer lama-lama akan sering mati sendiri dan processor akan rusak. Untuk menanganinya, sebaiknya anda cek dulu kipasnya jika banyak debu bersihkanlah dan pastikan kipas masih berjalan dengan normal, jika sudah tidak berputar sebaiknya anda ganti dengan yang baru.
  • Perhatikan Processornya
Jika anda mau membeli sebuah komputer atau laptop sebaiknya anda cek dulu merk processornya, jangan sampai anda membeli tapi tidak tahu kekurangan processor tersebut. Ada perbedaan antara Intel dan AMD. Processor terbaru milik AMD membolehkan panas hingga 85 derajat celcius, sedangkan Intel hanya membolehkan panas 72 derajat celcius saja. Jadi ada perbedaan yang sangat signifikan di kedua merk processor tersebut. Jika masalah ini menyebabkan komputer atau laptop anda cepat panas, dan mengakibtakan mati, sebaiknya anda ganti processornya dengan yang lebih berkualitas.

  • Power Supply Komputer Bermasalah
Penyebab Komputer Cepat Panas, Dan Cara Ampuh Menanganinya

Power supply merupakan komponen komputer yang mengalirkan tegangan listrik ke komputer, jika power supply mengalami kebocoran, maka akan terjadi tegangan listrik ke motherboard atau bisa juga mengakibatkan seluruh komponen komputer menjadi panas, bahkan ada juga komponen yang langsung rusak. Cara mencegahnya anda bisa menggunakan stabilizator atau UPS untuk menjaga tegangan listrik agar tetap stabil.
  • Posisi Aluminium Pada Heatsink (Pendingin) Tidak Terpasang Dengan Tepat
Penyebab yang selanjutnya adalah jika posisi aluminium pada processor tidak terpasang dengan benar, pasti processor akan mengalami overheat dan komputer akan mati sendiri. jika hal ini tetap di biarkan, maka komputer anda akan cepat panas. Untuk dapat mengatasinya anda harus membongkar CPU, dan buka fan yang di atas processor, lalu periksalah aluminium apakah menempel tepat di atas processor. Jika perlu buka aluminium pemdingin dan bersihkan pasta yang menempel pada processor, lalu ganti dengan pasta yang baru.

Nah, itulah beberapa penyebab komputer anda cepat panas, dan berikut adalah cara untuk mendinginkan komputer yang cepat panas dan tidak menjadi nge-hang.

1. Rutinlah membersihkan debu pada CPU


Penyebab Komputer Cepat Panas, Dan Cara Ampuh Menanganinya

Rutinlah membersihkan debu yang menempel pada komputer anda, karena ini menjadi masalah utama yang mengakibatkan komputer anda cepat rusak dan berdebu, kebanyakan orang malas memebrsihkan debu yang terdapat pada komputer mereka. Dan janganlah malas-malas membersihkan debu yang menempel pada komputer. Bersihkanlah secara rutin 1 atau 2 bulan sekali, jika di rasa kotor bersihkanlah walaupun belum satu bulan.

2. Tambahkan Kipas Angin Pada CPU


Penyebab Komputer Cepat Panas, Dan Cara Ampuh Menanganinya

Menambahkan kipas tambahan pada CPU dapat mengurangi hawa panas yang terdapat pada komputer, meskipun sudah CPU sudah terdapat kipas bawaan sewaktu beli, tapi jika masih di rasakan panas, apa salahnya menambahkan kipas satu lagi  di bagian belakang CPU.

3. Menggunakan Cooling Pad


Penyebab Komputer Cepat Panas, Dan Cara Ampuh Menanganinya

Cooling Pad merupakan kipas tambahan khusus untuk laptop, Cooling pad juga di sebut sebagai kipas eksternal yang berfungsi untuk menurunkan panas yang terdapat pada laptop. Jika laptop anda merasa panas, belilah Cooling pad lalu pasang pada laptop anda.

4. Istirahatkanlah Komputer atau Laptop


Penyebab Komputer Cepat Panas, Dan Cara Ampuh Menanganinya

Yang terahir cara untuk mendinginkan komputer adalah dengan cara mengistirahatkan komputer anda, jika lama di gunakan buat design, ngetik atau buat nge-Game sebaiknya anda istirahatkan komputer anda.

Itulah Penyebab Komputer Cepat Panas, Dan Cara Ampuh Menanganinya, dan juga cara mendinginkan komputer, semoga dengan cara di atas komputer atau laptop anda tidak kepanasan lagi, dan tegangan listrik menjadi stabil.

Posting Komentar untuk "Penyebab Komputer Cepat Panas, Dan Cara Ampuh Menanganinya"