Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Cepat Dan Mudah Partisi Windows 7 Tanpa Software

Tahukah anda apa itu partisi? Ya partisi adalah membagi ruang harddisk menjadi beberapa bagian, misalnya anda mempunyai harddisk berkapasitas 500 GB, dan anda pengen membaginya menjadi 2 bagian, jadi 250 GB dan 250 GB. Manfaat dari mempartisi harddisk yaitu anda bisa menyimpan file-file tertentu di ruang harddisk tersebut. Misal anda mempunyai data dokumen dan aplikasi komputer, nah dengan adanya partisi harddisk anda bisa mengelompokan data-data tersebut di dalam harddisk. Dan biasanya mempartisi harddisk di lakukan saat menginstall System Operasi baik itu (windows xp, seven atau windows 8) atau juga System Operasi Linux. Tapi kali ini saya akan memberikan cara mempartisi windows 7 tanpa software apapun. Berikut adalah caranya.

1. Klik Star, lalu klik kanan pada Computer dan pilih Manage.

2. Maka akan muncul tampilan dari Computer Management, lalu pilih Disk Management agar terlihat tampilan dan ruang harddisk kita.


Selanjutnya adalah mempartisi harddisknya, saya akan membagi Disk yang bernama "New Volume" menjadi 2 ruang atau bagian. Terlihat seperti gambar di atas kapasitasnya adalah 20 GB, jadi saya akan membagi menjadi 10 GB dan 10 GB.

3. Kemudian klik kanan pada New Volume, lalu pilih Shrink Volume, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


Keterangan : Pada kolom "Enter the amount of space to shrink in MB" isikan 10000, karena ini dalam satuan MB, dan 10000 MB maka sama dengan 10 GB.

4. Selanjutnya klik Shrink dan tunggu hingga proses loading selesai

5. Nah jika prosesnya sudah selesai, maka akan muncul Disk baru sebesar 9.77 GB atau sama dengan 10 GB, tetapi masih free space. Artinya partisi tersebut masih belum bisa di gunakan dan harus melanjutkan tahap-tahapnya.


6. Nah selanjutnya klik kanan pada Disk Free space tersebut lalu pilih New Simple Volume, maka akan muncul tab baru dan anda tinggal mengikuti saja langkah-langkahnya, sampai muncul tampilan seperti di bawah ini.


Jika sudah maka muncul tampilan seperti gambar di atas, untuk menguji apakah berhasil atau tidak, silahkan buka My Computer dan apabila ada Disk baru seperti gambar di bawah ini, berarti selamat anda berhasil !!!

Mudah banget kan Cara Partisi Windows 7 Tanpa Software, dan jika anda ingin membaginya lagi, maka cukup ulangi saja langkah-langkah di atas. 

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Dan Mudah Partisi Windows 7 Tanpa Software"