Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Dan Jenis-Jenis Perangkat Lunak (Software) Komputer Lengkap

Kita sering mendengar kata software atau perangkat lunak dalam sebuah perangkat komputer, saat ini banyak sekali software komputer yang beredar di internet dan software atau perangkat lunak tersebut dapat di download secara gratis. Perangkat lunak komputer ini tidak dapat di pegang dan di rasakan berbeda dengan perangkat keras (hardware) yang dapat di pegang dan di rasakan. Kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap tentang pengertian software (perangkat lunak).

Pengertian Dan Jenis-Jenis Perangkat Lunak (Software) Komputer Lengkap

Pengertian Software (Perangkat Lunak)

Perangkat lunak atau biasa di sebut dengan software adalah sebuah sekumpulan data elektronik yang tersimpan dan di atur oleh komputer, data elektronik ini berupa program, intruksi yang dapat menjalankan suatu perintah. Dengan adanya softwarelah sebuah komputer dapat berjalan dan di gunakan sebagaimana fungsinya.


Jenis-Jenis Software (Perangkat Lunak)

Perangkat lunak komputer (software) di bedakan menjadi beberapa jenis atau bagian, yaitu software gratis (Freeware, Free Software, Shareware, Adware) atau berbayar. Nah berikut adalah penjelasanya.
  • Software Berbayar
Software berbayar merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang di distribusikan untuk keperluan komersil. Dimana setiap user/pengguna jika ingin menggunakan software berbayar ini harus membeli kepada pihak yang mendistribusikanya, dan jika anda membeli software berbayar ini anda tidak di ijinkan untuk menyebar luaskan software tersebut kepada khalayak umum. Contoh software berbayar : Microsoft windows, Adobe photoshop, dan lain-lain.
  • Freeware
Freeware merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang mempunyai hak cipta gratis dan dapat di jalankan tanpa batasan waktu. Freeware juga di artikan sebagai perangkat lunak komputer atau program apapun yang di distribusikan secara gratis.
  • Free Software
Free software merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang bebasa tetapi tidak harus gratis. Yang artinya para user/pengguna bebas untuk mencoba perangkat lunak komputer sumber terbuka tau Open Source.

  • Shareware 
Shareware merupakan sebuah perangkat lunak komputer yang terbatas artinya kita di berikan software ini dalam waktu beberapa hari untuk mecoba, menguji dan menggunakannya. Biasanya kita di batasi waktu 30 hari, nah setelah itu kita di haruskan untuk membeli jika ingin meneruskan dan mempunyai versi lengkap dari software tersebut.
  • Adware
Adware adalah sebuah software yang bebas sepenuhnya dan dalam bentuk atau program periklanan.

Nah itulah Pengertian Dan Jenis-Jenis Perangkat Lunak (Software) Komputer Lengkap, dengan memahami pengertian perangkat lunak komputer (software) anda bisa mengerti jelas fungsi dari software. Ada yang bilang jika komputer tidak ada software maka komputer tidak dapat di operasikan atau di jalankan.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Jenis-Jenis Perangkat Lunak (Software) Komputer Lengkap"