Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian RAM, Fungsi RAM Dan Jenis-jenis RAM

Random acces memory atau di singkat RAM merupakan sebuah perangkat keras atau hardware komputer yang sangat penting. Pengertian ram secara singkat adalah merupakan sebuah hardware yang berfungsi untuk menyimpan data sementara, berbeda halnya dengan ROM. Memang fungsi sama yaitu untuk menyimpan data, tetapi rom menyiman data secara permanen alias selamanya.

Pengertian RAM, Fungsi RAM Dan Jenis-jenis RAM

  • Pengertian RAM
Pengertian RAM yaitu sebagai alat untuk menyimpan data komputer yang bersifat sementara, selain itu RAM juga dapat berfungsi sebagai alat yang di gunakan untuk mempercepat proses kinerja komputer, semakin besar kapasitas RAMnya, maka semakin cepat pula kinerja komputer. 

Nah jika anda seorang gamers atau suka ngegame tentunya selain kapasitas vga yang bagus, RAM anda juga harus berkapasitas tinggi, agar kinerja komputer tidak lelet atau lemot. Dengan di dukung RAM yang besar membuat permainan anda semakin asyik dan komputer pun tidak macet saat di gunakan buat bermain game.


  • Fungsi RAM
Random acces memory juga mempunyai peranan dan fungsi penting untuk sebuah komputer, nah berikut adalah beberapa fungsi RAM.

Mempercepat proses kerja komputer

Fungsi inilah yang sangat menonjol dari sebuah RAM, yaitu untuk mempercepat kinerja komputer. Karena jika RAM berkapasitas kecil, maka komputer akan lelet atau lemot, begitupun sebaliknya, jika RAM berkapasitas besar, maka komputer pun akan bekerja secara maksimal dan cepat. 

Jika komputer anda sering hank, lelet atau lemot cobalah ganti RAM dengan yang lebih besar, agar komputer lebih cepat dalam proses bekerja.

Menyimpan Data Sementara

Fungsi lain dari sebuah RAM yaitu menyimpan data komputer sementara, jadi ketika komputer di hidupkan, maka ram mulai bekerja dan jika komputer itu di matikan maka data yang tersimpan oleh RAM akan terhapus dan tidak di simpan secara permanen oleh RAM.

Multitasking Komputer

Fungsi RAM yang selanjutnya adalah yaitu berguna untuk penggunaan multitasking pada sebuah komputer, di mana arti multitasking tersebut adalah kita bisa mengakses atau membuka aplikasi secara bersamaan dalam satu waktu, misal anda ingin memutar musik sekaligus internetan, nah hal ini di sebut mutitasking. Inilah fungsi dan peranan RAM sebuah komputer yang mendukung adanya system multitasking.


Pengertian RAM, Fungsi RAM Dan Jenis-jenis RAM

  • Jenis-jenis RAM
Seiring dengan berkembangnya teknologi dan zaman yang modern, RAM juga mempunyai jenis-jenis dari waktu ke waktu, dan inilah beberapa jenis-jenis RAM

  1. SRAM (Static Random Acces Memory)
  2. DRAM (Dynamic Random Acces Memory)
  3. SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory)
  4. RDRA (Rambus Dynamic Random Acces Memory)
  5. EDO RAM (Extended Data Output Random Acces Memory)
  6. DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)
Saat ini jenis yang paling di gunakan oleh pengguna adalah DDR SDRAM, karena jenis RAM ini mempunyai kecepatan system yang tinggi di bandingkan dengan jenis RAM lainnya. Nah mungkin anda hanya mengetahui jenis DDR2 RAM ataupun DDR3 RAM, yang sebetulnya jenis RAM ini adalah evolusi dari jenis DDR SDRAM.

Dan saat ini memang DDR SDRAM kurang familiar di kalangan penggunanya dan yang lagi ramai adalah jenis DDR RAM yang merupakan perkembangan DDR SDRAM. Dan pastinya dari waktu ke waktu akan terus di perbauri.

Mungkin itu saja Pengertian RAM, Fungsi RAM Dan Jenis-jenis RAM, semoga dengan membaca artikel ini anda lebih paham tentang pengertian RAM beserta fungsi-fungsinya. Terima kasih.

3 komentar untuk "Pengertian RAM, Fungsi RAM Dan Jenis-jenis RAM"

  1. Membaca artikel di atas tentang RAM fungsi dan jenis nya jadi mengerti sekarang TRIms ...

    BalasHapus
  2. Wah terima kasih atas informasi websitenya sehingga kami memahami tentang RAM, jadi makin yakin beli RAM.

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo juga mampir sebagai info untuk makin yakin pakai RAM

    https://bangamingadget.com/informasi/

    nuhun

    BalasHapus