Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Peluang Usaha Bisnis Online Untuk Pelajar Dan Lulusan Siswa SMK Jurusan TKJ

Peluang Usaha Bisnis Lulusan Siswa SMK Jurusan TKJ -  Melihat kondisi sekarang ini mengenai cara kerja yang berkembang sangat pesat, diwaktu dulu menjual barang dagangan hanya lewat toko, saat  ini sudah dapat menjual barang dengan cara jual beli online. Dengan begitu diikuti para pemberi jasa juga menjalankan usahanya dengan cara  online. Penyebab akan besar suatu persaingan dalam dunia kerja sekarang ini yakni terjadi karena adanya MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean.

Peluang Usaha Bisnis Online Untuk Pelajar Dan Lulusan Siswa SMK Jurusan TKJ
Peluang Usaha Bisnis Online Untuk Pelajar Dan Lulusan Siswa SMK Jurusan TKJ
Apa itu MEA? MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean adalah suatu program dimana dapat dengan leluasa mencari pekerjaan di negara-negara anggota asean. Dengan diadakan program MEA orang dari luar negeri pun dapat mencari pekerjaan di Indonesia. Nah apabila diri anda sendiri belum siap untuk menghadapi MEA, tentu anda akan kalah dalam persaingan yang lebih berpotensi dan kompetensi dari negera lain.

Nah, untuk menghadapi MEA anda perlu mempersiakan adanya Sekolah Menengah Kejuruan yang sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis atau pekerja lulusan smk, mengapa demikian? Karena sekolah menengah kejuruan membentuk lulusan yang siaga untuk langsung bekerja di lapangan kerja. Mengenai materi pembelajaran di smk disini lebih difokuskan pada kegiatan praktek dibanding dengan teori, di smk juga ada suatu lembaga sertifikasi yang menjamin siswa lulusan mempunyai kompetensi yang cukup apabila sudah terjun ke dunia kerja. Tidak hanya itu, pihak smk tentu juga mempunyai hubungan kemitraan dengan berbagai perusahaan yang ada, bahkan pabrik, ataupun perusahaan yang sudah terkenal saat ini. Untuk kalian yang lulusan SMA atau SMK yang ingin mempunyai pengalaman bekerja di negri orang simak aja nih Cara Bekerja Di Luar Negeri Untuk Lulusan SMA/SMK

Berikut kelebihan belajar di smk dibandingkan dengan sma, diantaranya yaitu.
  • Lulusan smk mempunyai bekal yang cukup untuk langsung terjun ke dunia kerja
  • SMK memiliki badan sertifikasi yang resmi
  • SMK lebih menekankan pada kegiatan praktek saat melakukan pembelajaran
  • Adanya kemitraan antara smk dengan berbagai perusahaan terkenal

Berbincang mengenai smk atau Sekolah Mengenah Kejuruan,  jurusan yang paling populer menurut saya adalah jurusan Teknik Komputer Jaringan yang biasa di singkat TKJ, mengapa ? Karena siswa tkj pas dengan kondisi sekarang ini, dengan keadaan dimana media teknologi sudah menjadi kebutuhan pokok bagis semua pelajar. Lulusan jurusan tkj diharuskan dapat mengikuti fakta dunia kerja saat ini dan siap juga untuk menghadapi adanya program MEA. Banyak sekali lapangan pekerjaan yang dapat dibangun oleh pelajar dan lulusan siswa jurusan TKJ. Peluang usaha siswa anak tkj memang banyak, yang merupakan peluang dengan potensi yang baik dan dapat untung besar yakni membuat toko komputer dilengkapi dengan service komputer.


Tetapi melihat pesatnya jaman sekarang bisnis online dapat menggunakan internet sebagai media kerja, dengan begitu pelanggan yang di dapat tidak hanya dari sekitar saja, namun dari seluruh Indonesia pun bisa menjadi pelanggan anda, bahkan menjadi pelanggan setia anda. Berikut adalah peluang usaha bisnis online siswa tkj yang paling banyak diminati.

1. Membuka Jasa Setting Jaringan Mikrotik
Peluang Usaha Bisnis Online Untuk Pelajar Dan Lulusan Siswa SMK Jurusan TKJ

Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang menyediakan berbagai macam produk perangkat jaringan, diantaranya adalah RouterBoard Mikrotik. Router mikrotik adalah router yang cukup populer dan biasa digunakan oleh pada networker/pekerja jaringan. Apabila anda salah satu lulusan siswa jurusan tkj, ini merupakan suatu peluang usaha yang cukup menjanjikan dan tentu akan mendapatkan hasil yang lumayan. Ketika membuka jasa setting mikrotik secara online, anda dapat menjalankan pekerjaan hanya di rumah saja yakni dengan pelanggan yang jauh dari tempat anda, tentunya hal ini membutuhkan adanya jaringan internet.

Jasa setting mikrotik secara online memang banyak yang menjalankan, tetapi meihat begitu banyaknya kebutuhan pelanggan tentang jaringan, membuat jasa ini masih memerlukan orang seperti anda, berikut sedikit kompetensi yang setidaknya harus anda miliki untuk pekerjaan ini.
  • Memahami tentang subnetting 
  • Memahami tentang topologi jaringan
  • Memahami tentang cara instalasi router mikrotik 
  • Memahami tentang konfigurasi router mikrotik, baik mikrotik dasar atau mikrotik lanjut 
  • Memahami tentang jaringan internet, minim nya paham mengenai cloud server 
  • Memahami tentang troubleshooting 
  • Memahami tentang administrasi jaringan
Alangkah baiknya anda harus benar-benar memahami bukan untuk sekedar tahu serta hafal saja, karena dengan memahami menjadikan lebih siap dan percaya diri ketika menghadapi trouble, Jika sekedar tahu dan hafal saja bahkan tanpa bisa memahami, Tentu hal ini hanya mempersulit kinerja anda nantinya.

2. Jasa Setting Server Linux
Linux adalah sistem operasi open source yang gratis dan bebas untuk di download atau dimodifikasi. Linux juga mempunyai bermacam performa yang lumayan baik dengan didukung berupa keamanan yang lebih dibandingkan dengan windows, berikut sedikit tentang kelebihan linux dibanding windows.
  • Linux sistem operasi gratis (opensource) 
  • Linux memiliki performa yang tinggi, bisa hidup dalam waktu 24 jam 
  • Linux memiliki banyak variasi 
  • Linux bebas dimodifikasi dan boleh dipublikasikan 
  • Linux bebas install aplikasi 
  • Linux memiliki keamanan yang tinggi
Setelah anda memahami berbagai faktor tersebut, sistem operasi linux juga biasa digunakan untuk membangun sebuah komputer server. Banyak admin server lebih memilih linux yang memilih linux karena juga sekali paket aplikasi yang mendukung performa dari server itu sendiri, mulai dari instalasi hingga monitoring jaringan.

Bagi anda yang lulusan tkj, tentu pekerjaan ini memang sangat bagus, karena dalam pembelajarannya ini sudah di ajarkan di waktu anda di smk, membuat komputer server sudah pernah diajarkan walaupun tidak sampai mendalam dan lebih detail rinciannya. Lalu bagaimana cara membuat server linux? Nah untuk membuat sebuah server linux memang cukup mudah, komputer lama yang hanya mempunyai ram dan kapasitas harddisk yang kecil, sudah bisa diinstall linux server. Untuk Konfigurasi server linux dapat dijalankan lewat jarak jauh yakni malalui remote access, serta memakai paket ssh server. 

Jadi jasa setting server linux secara online dapat menjadi lebih mudah. Berikut kompetensi yang harus anda kuasai jika akan memulai usaha lulusan smk ini.
  • Memahami tentang subnetting 
  • Memahami tentang topologi jaringan 
  • Memahami tentang konfigurasi ip address di linux 
  • Memahami tentang paket paket keperluan untuk membangun server 
  • Memahami tentang instalasi dan konfigurasi paket layanan server seperti web server, dns server, database server, webmail server, dll. 
  • Memahami tentang monitoring server 
  • Memahami tentang troubleshooting
Bagaimana? Tentu anda tidak akan merasa kesulitan karena di smk jurusan tkj pernah di ajarkan mengenai hal tersebut, mengingat beberapa besar kompetensi sudah pernah diajarkan ketika anda di smk. jika anda ingin berusaha lebih, kemungkinan besar anda dapat berhasil dan sukses dengan mudah dan cepat.


3. Membuat Toko Komputer 
Sekarang ini bisnis online mungkin sudah menjamur dimana mana, ya karena setiap barang dijual secara online di setiap toko online yang ada di internet. Bisnis online sekarang ini berkembang begitu pesat, contoh bisnis online yang banyak dijalankan yaitu seperti bisnis online yang menjual peralatan rumah tangga, smartphone, aksesoris handphone, dan peralatan komputer sekalipun. 

Belanja di toko online memang banyak untungnya, seperti harga barang yang lebih murah, serta bisa dengan leluasa untuk memilih toko yang ada di seluruh dunia. Usaha membuat toko komputer online merupakan usaha yang cukup menguntungkan serta menjanjikan, dengan begitu jika anda menerapkan dengan jualan online maka anda akan mendapatkan pelanggan dari seluruh penjuru dunia. Apabila anda sudah memiliki toko komputer di rumah atau sewa ruko untuk usaha, itu akan lebih mempermudah menjalankan bisnis online ini, anda hanya membuat toko online sendiri atau jika anda belum memahami baraimana cara membuat toko online, anda dapat memakai jasa pembuatan website terpercaya  yang ada di internet.

Berikut adalah beberapa syarat jika anda ingin memulai usaha toko komputer online.
  • Mempunyai Website Toko Online
  • Mempunyai Rekening
  • Memahami tentang jual beli online
  • Mempunyai barang untuk dijual di toko online atau website yang anda punya
Apabila anda tidak mempunyai produk untuk dijual, anda juga dapat  menjadi reseller dari toko komputer yang ada disekitar anda, tentu dengan perjanjian kesepakatan yang jelas demi kenyamanan bersama. Perlu anda ketahui juga bahwa untuk menjalani usaha lewat toko online memang tidak mudah, Anda harus memahami tentang jual beli online. Nah, alangkah baiknya jika anda terlebih dahulu untuk mencari tahu dari browsing di google dengan pencarian cara jual beli online di internet.

4. Menulis Artikel Tentang Komputer dan Jaringan
Apabila anda termasuk orang yang mahir dalam bidang komputer dan jaringan, sekaligus juga anda mempunyai hoby menulis artikel, ini adalah sebuah bisnis yang sangat cocok dengan hoby anda. Sekarang ini juga sedang begitu maraknya jasa content writer sehingga banyak orang yang membuka jenis usaha ini. Anda dapat menawarkan jasa untuk menulis artikel tentang komputer dan jaringan yang lalu anda tawarkan kepada orang yang mempunyai website dengan tema tersebut. Jasa menulis artikel memiliki keuntungan yang cukup lumayan, setidaknya anda memiliki nilai lebih selain hoby menulis artikel. Dibawah ini anda harus memahami apa itu conten writer, diantaranya sebagai berikut.
  • Memahami tentang komputer dan jaringan
  • Memahami tentang cara membuat tulisan yang baik dan benar
  • Memahami tentang teknik seo dalam tulisan
Sebelum ada terjun untuk memulai usaha ini, seharusnya anda sudah memiliki artikel yang nanti akan digunakananda untuk mempromosikan di forum-forum atau group facebook tentang blogging.


5. Jasa Setting Squid Proxy Server
Squid adalah sebuah paket aplikasi yang fungsinya untuk mengaktifkan layanan proxy server, dengan squid proxy server anda dapat menyimpan cache website yang telah anda kunjungi, dengan begitu anda akan lebih menghemat bandwith internet milik anda. Potensi bisnis ini sangatlah bagus yakni Jasa setting squid proxy yang saat ini mulai populer seiring dengan banyaknya para pengguna internet di indonesia. Usaha ini sendiri membutuhkan skill membangun server linux, tentunya anda sebagai siswa tkj sudah pernah memperoleh ilmu tentang membangun sebuah squid proxy server lengkap. 

Ada banyak sekali fungsi dari squid proxy server, selain untuk memblokir website yang sering dijalankan setiap Uji Kompetensi Keahlian TKJ, squid proxy server juga dapat dipakai untuk menyimpan cache website http dan https, baik video anda gambar, dan masih banyak lagi fungsinya. Berikut adalah kompetensi yang harus anda pahami sebelum membuka usaha Jasa Setting Squid Proxy Server, diantaranya yaitu.
  • Memahami tentang instalasi server linux
  • Memahami tentang konfigurasi squid proxy server
  • Memahami tentang cara menyimpan cache, baik http atau https
  • Memahami tentang cara meyimpan cache video youtube
  • Memahami tentang menyimpan cache game online
Demikian pembahasan kali ini mengenai Peluang Usaha Bisnis Online Untuk Pelajar Dan Lulusan Siswa SMK Jurusan TKJ. Mohon maaf jika ada kesalahan kata dalam  penyampaian ulasan diatas. Untuk lebih lengkapnya silakan kalian kunjungi website http://www.penadewi.com/.

Terimakasih. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Bisnis Online Untuk Pelajar Dan Lulusan Siswa SMK Jurusan TKJ"