8 Cara Menjadi Dropshipper Yang Sukses Dan Berhasil

Cara Menjadi Dropshipper - Sudah menjadi rahasia umum bahwa droship adalah salah satu peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tanpa mengeluarkan modal. Dan kali ini saya akan bagikan kepada kalian Cara Menjadi Droshipper Sukses, yang bisa menjadikan usaha sampingan bahkan utama dalam mencari penghasilan.

Banyak keuntungan yang di dapatkan jika kamu terjun ke dunia dropship, salah satunya yaitu kamu tidak perlu repot stock barang dan mengeluarkan modal besar. Nah faktor ini juga menjadikan banyak orang terjun ke dunia dropship.

Bagaimana apakah kamu tertarik menjadi dropshipper?

Jika iya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu secara mendalam tentang apa itu dropship. Eitss,, Jangan khawatir kami juga akan menjelaskan di dalam artikel ini tentang pengertian dropship, cara memulai dropship, serta cara menjadi dropshipper yang sukses dan berhasil. 

Pengertian Dropship

Dropship adalah usaha yang tidak perlu mengeluarkan modal serta tidak perlu repot mengurus stock barang. Konsepnya penjual bekerjasama dengan pihak ketiga, dan jika ada konsumen yang membeli barang dari penjual, maka pihak ketiga inilah yang akan mengirimkan langsung produknya ke konsumen.

Intinya para pelaku usaha dropship ini tidak perlu menanamkan modal atau membuat suatu barang/produk untuk di jual. Mereka hanya perlu bekerjasama dengan pihak ketiga yang mempunyai produk, lalu di pasarkan oleh anda. Nah para pelaku dropship ini di sebut seorang dropshipper.

Bagi kamu yang baru terjun di dunia online shop, menjadi dropshipper adalah pilihan yang tepat. Pasalnya kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar atau mengirim dan menyetock barang. Selain itu dropship ini juga bisa di lakukan hanya bermodalkan smartphone dan koneksi internet.

Hal Yang Di Perlukan Untuk Memulai Menjadi Dropshipper

Tidak ada syarat khusus untuk menjadi dropshipper, yang harus kamu persiapkan adalah niat serta usaha yang kamu jalani. Karena untuk menjadi seorang dropshipper perlu ketekunan dan ulet dalam memasarkan sebuah produk.

Kamu juga harus pintar pintar memasarkan produkmu ke pelanggan, harus sabar dan hal yang wajib, kamu harus mengetahui fungsi serta kegunaan produk itu sendiri. Agar saat menjelaskan ke pelangganmu, mereka akan tertarik dan ahir membeli produk yang kamu tawarkan.

Untuk memasarkannya sendiri kamu bisa coba membuat website atau bisa juga kamu pasarkan produk itu melalui media sosial yang kamu punya. 

Nah jika kamu sudah paham apa itu dropship dan cara memulai serta memasarkan produkmu. Sekarang kami akan menjelaskan tentang 8 Cara Menjadi Dropshipper Yang Sukses Dan Berhasil

1. Pilihlah Jenis Produk

Hal utama yang harus kamu perhatikan jika menjadi dropshipper adalah memilih jenis produk. Jika kamu tepat dalam pemilihan jenis produk maka bisnis dropshipmu juga akan berkembang dan sukses. Nah untuk bisa menentukan jenis produk yang tepat di jual ke konsumen, kamu perlu memperhatikan tren pasar saat ini yang sedang banyak di cari orang.

Untuk memilih jenis produk yang tepat, kamu harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

  • Pilihlah produk yang keuntungan sedikit, namun bisa di jual dengan kuantitas banyak. Contohnya kamu bisa dropship kaos atau baju yang tren saat ini, karena bisnis fashion di indonesia maupun dunia tidak ada matinya. Dengan memilih dropship fashion tentunya kamu akan mendapatkan konsumen dengan mudah serta mendapatkan keuntungan untukmu.
  • Pilihlah produk secara detail atau spesifik. Bagi kamu yang baru memulai usaha dropship, pastikan kamu memilih produk yang sepsifik, seperti memilih satu produk saja terlebih dahulu. Hal ini akan menjadikanmu lebih fokus dan orang lain akan lebih mengenalmu, karena memang produk yang kamu jual hanya satu bran/produk saja.
  • Produk yang di jual sedang tren atau banyak di cari orang. Untuk mengetahui produk yang sedang di minati banyak orang, kamu bisa melakukan riset dengan menggunakan keyword planner atau bisa juga melakukan footing di media sosial atau marketplace.
  • Perhatikan ukuran untuk pengiriman produkmu. Pastikan untuk produk yang akan kamu jual ke konsumen tidak berukuran besar, karena hal ini akan lebih memudahkanmu serta akan menghemat onkos kirim dan tidak memberatkan kedua belah pihak antara penjual dan pembeli.
2. Mencari Supplier


Untuk menjadi dropshipper hal yang harus kamu perhatikan adalah mencari supplier yang bertanggung jawab. Karena jika tidak ada supplier maka bisnis dropship ini tidak akan berjalan, lalu bagaimana cara mencari supplier yang tepat dan bertanggung jawab? jawabannya adalah kamu mencari dari sumber yang tepat.

Untuk mencari supplier yang tepat kamu bisa mencoba mencarinya di marketplace atau ecommerce indonesia seperti : Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shoope dan lainnya. Di sana kamu bisa mengetahui statistik supplier secara keseluruhan dan kamu juga bisa memperoleh informasi serta wilayah supplier tersebut.

Agar bisnis dropship ini berjalan mulus dan lancar cobalah cari supplier yang dekat, paling tidak satu kota denganmu. Dengan begitu kamu bisa bertemu dan membahas strategi bagaimana agar bisa meningkatkan penjualan produk tersebut. 

3. Menentukan Target Pasar


Untuk dapat menentukan pasar atau target market yang akan kamu tuju, kamu bisa menentukan seperti usia, jenis kelamin, anak anak atau dewasa atau yang lainnya sesuai jenis produk yang telah kamu pilih.

Tujuannya adalah agar produkmu bisa tepat sasaran dengan konsumen yang membutuhkan produk tersebut, dengan hal ini produk yang sedang kamu jual dapat mudah di kenal dan kamu juga bisa lebih fokus dalam menjual produk tersebut.

4. Mencari Channel Pemasaran Yang Tepat Akurat

Jika target pasar sudah kamu tentukan, kini saatnya kamu mencari channel pemasaran yang tepat untuk memasarkan produkmu. Jangan salah pilih, jika kamu memasarkan produkmu lewat marketplace pastinya kamu akan kalah saing dengan brand terkenal yang sudah mempunyai pelanggan banyak.
Lalu dimanakah saya memasarkan produk?

Jangan bingung, kamu bisa memasarkan produkmu lewat media sosial, seperti facebook, instagram atau bahkan twitter. Dengan begitu kamu bisa leluasa memasarkan produkmu tanpa perlu khawatir persaingan dengan brand ternama. Atau jika kamu punya opsi lain untuk memasarkan produk yang kamu jual kamu bisa coba itu.

5. Sebaiknya Jangan Menjual Produk Musiman

Boleh saja jika kalian ingin menjual produk musiman, tapi cara ini kurang efektif dan menguntungkan bagi pelaku bisnis dropship. Pasalnya jika kalian ingin mendapatkan keuntungan stabil dan jangka panjang produk produk musiman ini sangat kurang efektif. Jadi pilihlah produk yang memiliki tren stabil, agar penghasilan kalian jangka panjang.

6. Layani Konsumen Sebaik Mungkin

Sudah menjadi rahasia umum jika perlakuan penjual kepada konsumen menjadi tolak ukur keberhasilan suatu bisnis perusahaan. Hal ini juga berlaku dalam hal dropship, walaupun usaha kalian masih perorangan dan menjualkan barang orang lain. Tapi kalian harus tetap melayani dengan baik dan sopan kepada calon pembeli atau pelanggan.

7. Menentukan Brand

Bran memiliki kekuatan sendiri terhadap produk yang akan kamu jual, kamu bisa menentukan identitas brand kamu sendiri secara unik dan menarik. Sehingga orang lain akan mudah mengenal produkmu, hal ini tentunya sangat menguntungkan. Karena itulah tadi sudah kami bahas, bahwa kamu sebaiknya fokus terhadap satu produk saja dan target pasar yang akan kamu tuju.

Dengan identitas brand yang berbeda dari pesaing, akan membuat nilai lebih bagi konsumen, apalagi jika sudah ada testimoni dari pelangganmu. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap tokomu.

8. Gunakan Foto Atau Visualisasaikan Produk Dengan Baik

Usahakan kamu memiliki foto produk yang berbeda dari supplier kamu. Nah ini bisa jadi nilai plus terhadap produk yang kamu dropship. Bisa jadikan suppliermu memiliki banyak dropshipper, jika mereka menggunakan foto yang sama, hal ini tidak akan membuat produkmu unik atau terlihat berbeda dari yang lain

Saran saja, ada baiknya kamu membeli dahulu produk yang akan kamu dropship, lalu ambillah beberapa foto untuk di jadikan promosi sendiri. Dengan begitu foto produkmu akan menjadi berbeda dengan yang lain.

Dengan cara ini orang lain akan percaya bahwa produk yang kamu jual memang berkualitas baik dan tidak meniru dengan yang lain. Berarti visual branding yang kamu terapkan, dapat berhubungan dengan ketertarikan orang lain terhadap produkmu.

Nah itulah 8 Cara Menjadi Dropshipper Yang Sukses Dan Berhasil, dari tips di atas semoga kalian bisa memperlajari step by stepnya. Untuk itu kamu juga perlu tahu keuntungan yang di dapat jika kamu menjadi dropshipper, di bawah ini beberapa keuntungan menjadi drophipper.

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Kami sudah menjelaskan 8 Cara Menjadi Dropshipper Yang Sukses Dan Berhasil, silakan tinggal kalian menerapkan dengan tepat. Namun kalian juga perlu tahu beberapa keuntungan jika kalian tejun ke bisnis dropship.
  1. Resiko Minim. Anda tidak perlu membeli produk terlebih dahulu jika menjadi dropshipper, jadi tugasmu adalah memasarkan produk orang lain. Jadi jika produk tersebut kurang laku, maka kamu tidak akan mendapatkan kerugian produk.
  2. Tak Perlu Punya Stock Barang. Seperti yang sudah di jelaskan di atas. Sebagai dropshipper kamu tidak perlu mempunyai stock barang. Karena nantinya jika produkmu laku, akan langsung di kirim oleh supplier ke konsumen.
  3. Bebas Menjual Aneka Produk. Sebagai dropshipper, kamu bebas memilih produk yang akan kamu jual. Tapi alangkah baiknya kamu fokus terhadap satu produk saja dahulu, kalau sudah goal target produk tersebut, boleh kamu coba menjual produk lain.
  4. Bebas Menjual Dimana Saja & Kapan Saja. Bisnis ini tidak terikat, artinya kamu bisa menjual dimana saja dan kapan saja. Selagi itu masih ada koneksi internet, maka kamu bisa berjualan dan menanggapi para konsumen.
Apakah anda siap untuk menjalankan bisnis dropship ini? Lakukankah dengan sungguh-sungguh. Maka nanti akan terasa hasilnya. Terima kasih sudah membaca artikel tentang Cara Menjadi Dropshipper, semoga usaha kalian menjadi seorang dropshipper segera terlaksana dan berjalan dengan lancar. Atau mungkin kalian lagi cari peluang usaha yang menjanjikan semoga semuanya berjalan dengan baik sesuai apa yang sudah kalian mimpikan.

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Menjadi Dropshipper Yang Sukses Dan Berhasil"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah yang relevan dan sesuai topik pada artikel

2. Gunakan bahasa yang sopan

3. Dilarang menautkan link aktif dan spam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel