Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Hang Kursor Tidak Bergerak


Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Mengatasi Laptop Hang - Ada banyak faktor yang dapat membuat laptop hang, salah satunya adalah menjalankan banyak program secara bersamaan. Atau bisa terjadi karena hard disk yang sudah penuh, sehingga tidak dapat menyimpan serta memproses program di laptop.

Laptop hang sangatlah menyebalkan, apalagi laptop hang kursor tidak bergerak. Hal ini membuat tidak nyaman saat di gunakan. Meski begitu, bukan berarti kamu harus mengganti dengan yang baru. Kamu bisa mencoba dulu untuk mengatasi laptop hang, ketika terjadi masalah tersebut.

Cara mengatasi laptop hang kursor tidak bergerak sangatlah mudah dan cepat, walaupun kamu seorang pemula sekalipun. Berikut cara mengatasi laptop hang.

1. (End Task) Tutup aplikasi yang berjalan di belakang layar

Mengatasi laptop hang yang pertama adalah dengan cara endtask atau menutup aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar. 

Caranya tekan tombol Ctrl+Alt+Delete secara bersamaan di keyboard laptop yang kamu gunakan. Selanjutnya akan muncul jendela windows Task manager dan kamu dapat melihat program apa saja yang menghabiskan RAM atau CPU yang paling besar. Pilihlah program yang tidak penting, lalu klik tombol End Task.

2. Hapuslah cache BIOS

Laptop hang bisa di sebabkan oleh cache bios yang sudah menumpuk, maka dari itu kamu bisa membersihkannya, agar laptop hangmu normal kembali. 

Caranya :

  • Lakukan shutdown atau restart laptopmu.
  • Lalu masuklah bios saat booting, dengan cara menekan tombol F12, F2, F11 atau F8 tergantung merk laptop yang kamu gunakan.
  • Kemudian klik Advanced BIOS Features.
  • Lalu klik Disable BIOS dan tekan Enter.
3. Pasang Cooling pad atau Fan di laptop

Laptop hang bisa terjadi karena laptop tersebut panas atau di sebut dengan overheat. Hal ini di karena processor tidak berjalan secara normal. 

Saat laptop mengalami overheat, maka kinerja processor akan menurun. Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu di sarankan untuk menggunakan fan atau cooling pad, agar suhu laptop terjaga, sehingga laptopmu tidak mudah hang. Kamu bisa membeli fan atau cooling pad di toko komputer atau online shop.


4. Hapus atau Uninstall Aplikasi yang bermasalah

Penyebab laptop hang selanjutnya adalah aplikasi yang bermasalah atau corrupt di laptop. Jika hal ini terjadi segeralah hapus aplikasi tersebut dari laptopmu. Agar laptop yang kamu gunakan normal kembali dan nyaman saat di gunakan. Jika kamu belum atau tidak mengerti cara uninstall atau hapus aplikasi di laptop, silakan baca disini.

5. Restore Windows

Selanjutnya untuk cara mengatasi laptop hang adalah dengan cara restore windows, langkah-langkahnya adalah kamu harus aktifkan dulu protection agar windows dapat terbackup aman secara otomatis oleh sistem. Kemudian jalankan restore windows dengan memilih kapan tanggal sistem windows tersebut akan di restar. 

6. Bersihkanlah lubang ventilasi pada laptop

Cara Mengatasi Laptop Hang

Selain sistem operasi dan processor, kebersihan pada ventilasi udara juga harus kamu perhatikan. Jangan sampai kotoran dan debu menghalangi jalur ventilasi pada laptop.

Jika ventilasi pada laptop terhalang debu atau tersumbat, hal ini akan menyebabkan masalah besar, salah satunya seperti laptop hang, kinerja processor berkurang, hingga mati total. Maka dari itu kamu harus rutin membersihkan keseluruhan komponen laptop dari dalam maupun luar.

7. Upgrade RAM

Cara mengatasi laptop hang selanjutnya adalah dengan cara upgrade RAM. Dalam beberapa kasus, laptop hang terjadi karena terbatasnya memori dan RAM yang tersedia. Maka dari itu kamu bisa melakukan upgrade RAM yang lebih besar di laptop. Dengan upgrade RAM, masalah laptop hang akan segera teratasi, sehingga laptop kembali nyaman di gunakan.

8. Install pembaruan windows terbaru

Laptop hang bisa terjadi karena tidak memperbarui windows dengan tepat. Jika hal ini terjadi, laptop yang kamu gunakan akan mengalami hang atau gagal fungsi. Maka dari itu kamu di sarankan untuk menginstall windows sesuai dengan masanya.

Gunakanlah sistem operasi windows yang asli dan resmi dari microsoft. Agar kamu dapat pembaruan setelah rilis sistem operasi yang baru. Dan jika sekarang kamu menggunakan sistem operasi windows 10, opsi untuk pembaruan selanjutnya akan di lakukan secara otomatis.

Bagaimana? apakah dengan Cara Mengatasi Laptop Hang Kursor Tidak Bergerak diatas, sudah kamu lakukan? Jika belum segera lakukan beberapa langkah diatas. Sehingga laptop yang kamu gunakan kembali normal dan nyaman saat di gunakan.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Hang Kursor Tidak Bergerak"