Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10


Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 - Ada banyak tips ataupun cara mengatasi laptop lemot windows 10. Salah satunya kamu bisa ikuti tips dari kami agar laptopmu kembali normal.

Windows 10 adalah sebuah sistem operasi yang di rilis oleh perusahaan besar bernama Microsoft. Saat ini sistem operasi windows 10 paling banyak di gunakan, karena selain keluaran terbaru, windows 10 juga akan kaya akan fitur-fiturnya, sehingga membuat windows 10 semakin nyaman untuk di gunakan.

Walaupun windows 10 merupakan sistem operasi yang mempunyai fitur baru, terkadang masih ada saja laptop windows 10 yang lemot. Banyak hal yang menyebabkan laptop lemot windows 10. Dalam beberapa kasus bukan karena windows 10 yang menyebabkan lemot, tapi bisa jadi karena hardware (perangkat keras) laptop itu sendiri yang sudah tua.

Bagi kamu yang mempunyai laptop lemot windows 10, berikut adalah tips dan cara agar laptopmu kembali normal. Jangan khawatir cara mengatasi laptop lemot windows 10 ini mudah untuk di praktekan meski pemula sekalipun.

1. Uninstall atau hapus Aplikasi yang tidak penting.

Penyebab laptop lemot windows 10 bisa jadi karena banyaknya aplikasi yang terinstall. Kamu bisa menghapus atau uninstall aplikasi tidak penting yang jarang kamu gunakan. Hal ini bisa membuat laptopmu normal kembali. Lebih baik gunakanlah memori penyimpanan untuk hal hal penting, agar laptopmu nyaman dan tidak lemot saat di pakai.

2. Hapus Temporary file yang ada di folder temp.

Para pengguna laptop seringkali lupa atau bahkan tidak mengetahui akan adanya file ini yang berada di dalam laptopnya. File temp ini biasanya akan tersimpan otomatis di laptop, hal inilah yang akan membuat laptop lemot. Kamu bisa menghapus file temp ini secara rutin, karena hal ini merupakan salah satu cara mengatasi laptop lemot windows 10. 

Berikut langkah-langkahnya : Tekan tombol Windows+R, lalu ketikkan %temp% di textboxnya dan Enter. Setelah berada di dalam folder temnya, hapuslah semua file filenya.

3. Hapus file pada folder prefetch.

Sama halnya seperti file temp, kamu juga bisa menghapus file file yang ada dalam folder prefetch secara rutin, karena hal ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi laptop lemot windows 10

Kamu bisa menghapus file ini dengan cara berikut : Tekan tombol Windows+R, lalu ketikkan prefetch dan Enter. Jika kamu di suruh ijin administrator klik "Continue". Lalu hapusnya semua file file yang ada di folder ini agar laptop windows 10 tidak lemot.

4. Matikan aplikan berjalan pada startup windows.

Ada beberapa aplikasi yang saat kamu install otomatis menyala pada saat startup windows, ternyata hal tersebut bisa menjadikan laptop lemot. Maka dari itu kamu bisa matikan aplikasinya, agar laptop windows 10 tidak lemot.

Berikut caranya : Tekan tombol Windows+R, lalu ketikkan "msconfig" dan Enter. Lalu pilih menu "startup", dan klik "Open task manager". Kemudan setelah muncul, kamu bisa matikan beberapa aplikasi yang tidak penting.

5. Matikan visual effect yang tidak di perlukan

Selanjutnya untuk cara mengatasi laptop lemot windows 10, kamu bisa mematikan visual effect yang tidak di perlukan di laptop. 

Kamu bisa mengikuti caranya sebagai berikut : 

  • Buka menu "File Explorer".
  • Kemudian klik kanan pada menu "This Pc".
  • Lalu pilih "Properties", di kolom pencarian ketik "Advanced System Setting".
  • Kemduian pada menu "Performance" klik Setting.
  • Lalu ubah pilihan menjadi Custom. 
  • Pilihlah Visual effect yang ingin kamu gunakan. Pastikan gunakan Visual effect yang ringan agar tidak membuat laptop lemot.
6. Hapus backup windows update

Cara mengatasi laptop lemot windows 10 yang terahir adalah kamu bisa menghapus backup windows update. Karena ini sudah tidak di perlukan lagi, jika hal ini di biarkan maka file tersebut akan menumpuk dan bisa menyebabkan laptop lemot. Berikut cara untuk menghapus backup windows update.
  • Ketik "disk cleanup" di kolom search windows.
  • Pilih drive yang ingin di analis, misalnya local disk D, lalu tekan Ok.
  • Tunggulah sampai hasil proses analisnya selesai.
  • Pilih file yang ingin kamu hapus, lalu klik satu persatu, jika sudah klik Ok.
Itulah Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10, jika kamu mengikuti tipsnya satu persatu dari atas. Laptopmu akan kembali normal dan nyaman di gunakan.

Posting Komentar untuk "Tips Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10"