Cara Ampuh Mengatasi Serta Memperbaiki Keyboard Laptop Error, Rusak Dan Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Serta Memperbaiki Keyboard Laptop Error, Rusak Dan Tidak Berfungsi - Keyboard laptop merupakan sebuah hardware atau perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengetikan kata atau sebagai papan ketik. Namun keyboard laptop ini juga rentan rusak, error atau tidak berfungsi, hal ini di sebabkan karena beberapa hal, salah satunya karena keyboard laptop kotor terkena debu atau adanya kerusakan pada software-softwarenya.

Cara Ampuh Mengatasi Serta Memperbaiki Keyboard Laptop Error, Rusak Dan Tidak Berfungsi

Baca Juga : 
Keyboard laptop merupakan sebuah perangkat keras yang sangat di butuhkan, karena tanpa adanya keyboard sebuah komputer atau laptop tidak berjalan secara maksimal. Namun jika keyboard laptop kamu mengalami kerusakan, error, atau tombol-tombolnya tidak berfungsi, jangan dulu di bawa ke tempat service komputer, karena kali ini saya akan membagikan Cara Ampuh Mengatasi Serta Memperbaiki Keyboard Laptop Error, Rusak Dan Tidak Berfungsi. 

Nah berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi Keyboard Laptop Error, Rusak atau Tidak Berfungsi.

1. Restart Komputer atau Laptop
Langkah utama yang harus kamu lakukan adalah merestart laptop, karena dengan di restartnya laptop dapat memperbaiki beberapa masalah yang sedang di alami laptop tersebut. Tidak hanya kerusakan keyboard saja yang mengharuskan kamu untuk merestart laptop terlebih dahulu, namun jika laptopmu mengalami hang atau kerusakan lainnya, kamu juga perlu mengambil tindakan restart sebelum melakukan tindakan yang lain.

2. Driver Bermasalah
Keyboard laptop error juga bisa di sebabkan oleh drivernya sendiri, entah itu belum terinstall atau ada software pihak lain yang terkena virus, sehingga membuat keyboard laptop mengalami kerusakan. Nah untuk dapat memperbaikinya, terlebih dahulu lihatlah pada bagian device manager, lalu arahkan ke bagian keyboard. Nah jika dibagian keyboard itu sendiri terdapat tanda segitiga kuning, berarti driver laptop kamu mengalami masalah atau memang belum terinstall.

Untuk memperbaikinya, silahkan download drivernya sesuai type dan merek laptop yang kamu miliki, install drivernya sampai benar-benar terpasang dengan baik dan benar.

3. Kabel/Konektor Lepas
Langkah selanjutnya, kamu perlu mengecek konektor laptop, jika konektor terlepas atau tidak terpasang dengan baik. Maka hal ini dapat menyebabkan tidak berfungsinya laptop atau bahkan laptop kamu tidak terdeteksi sama sekali.

Untuk memperbaikinya, cobalah buka keyboard dan periksa serta pastikan jika konektor keyboard sudah terpasang dengan baik dan benar.

4. Lakukan System Restore
Apabila setelah menginstall system operasi, kemudian keyboard laptop error atau tidak berfungsi lakukanlah system restore. Karena dengan melakukan system restore laptop kamu akan kembali seperti semula sebelum menginstall beberapa program yang mengalami masalah. Maka dari itu selalu back up beberapa data penting, sebelum kamu melakukan tindakan-tindakan lainnya. Nah untuk cara merestorenya pertama buka atau klik tombol Start, selanjutnya cari "Recovery". Ini bisa kamu lakukan untuk system operasi windows 7 da 8, sedangkang jika laptop atau komputer kamu menggunakan windows xp gunakanlah cara sebagai berikut Start > All programs > Accesories > System Tools > Kemudian pilih System Restore.

5. Bersihkan Debu
Masalah yang sering terjadi karena keyboard laptop rusak, error adalah adanya kotoran atau debu yang menempel di keyboard itu sendiri. Maka dari itu kamu harus membersihkan dan menghilangkan debu yang menempel pada keyboard.

Gunakanlah kain atau vacum cleaner kecil untuk membersihkan kotoran atau debu-debu yang menempel pada keyboard.

Itulah beberapa hal Cara Ampuh Mengatasi Serta Memperbaiki Keyboard Laptop Error, Rusak Dan Tidak Berfungsi, dengan melakukan langkah-langkah di atas, keyboard laptop kamu akan kembali normal dan berfungsi sebagai mana mestinya. Terima kasih
loading...
0 Komentar untuk "Cara Ampuh Mengatasi Serta Memperbaiki Keyboard Laptop Error, Rusak Dan Tidak Berfungsi"

1. Berkomentarlah yang relevan dan sesuai topik pada artikel

2. Gunakan bahasa yang sopan

3. Dilarang menautkan link aktif dan spam

Back To Top