Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Istilah istilah Dalam Jaringan Komputer

Istilah istilah Dalam Jaringan Komputer

Glossary atau peristilahan adalah suatu istilah yang mengandung arti atau makna. Dalam jaringan komputer juga terdapat glossary/istilah. Apakah anda sudah tahu istilah istilah dalam jaringan komputer? Jika belum, maka saya akan berikan beberapa istilah istilah dalam jaringan komputer.
  1. 10 Base T Merupakan bagian dari standar asli I EEE 802.3, 10 Base T adalah spesifikasi Ethernet 10 Mbps baseband yang menggunakan dua pasang kabel yang saling terbelit (twisted pair). 10 Base T mempunyai sebuah batas jarak sekitar 100 meter per segmen.
  2. 100 Base T Adalah spesifikasi untuk Fast Ethernet untuk baseband 100Mbps yang menggunakan kabel UTP, 100 Base T mengirimkan link pulses (yang berisi lebih banyak informasi di bandingkan 10 Base T) melalui network ketika tidak ada lalu lintas data.
  3. 100 Base TX Merupakan spesifikasi Fast Ethernet baseband 100 Mbps yang menggunakan dua kabel UTP atau STP. Untuk dapat memastikan waktu sinyal yang tepat, sebuah segmen 100 Base TX panjangnya tidak bisa melebihi 100 meter.
  4. Auto-detectmechanism Di gunakan dalam sebuah switch, hub dan kartu interface Ethernet, untuk menentukan duplex dan kecepatan yang di gunakan.
  5. Auto duplex Merupakan sebuah setting pada peralatan layer 1 dan layer 2 yang menset duplex dari sebuah port pada switch atau hub secara otomatis.
  6. Bandwidth Merupakan selisih antara frekuensi tertinggi dan terendah yang di gunakan oleh sinyal network/jaringan. Lebih umumnya ia mengacu pada kapasitas throughput yang di ukur pada sebuah protocol atau media network.
  7. Baseband Adalah sebuah fitur dari teknologi network yang menggunakan hanya satu pembawa frekuensi. Baseband juga di sebut dengan "narrowband" (pita sempit).
  8. Binnary Sebuah metode penomoran dengan 2 karakter yang menggunakan satu dan nol. Sistem penomoran binnary mendasari semua pernyataan digital dan informasi.
  9. Bit Adalah didit binnary, mempunyai nilai 1 atau 0.
  10. Bridge Merupakan alat untuk menghubungkan dua segmen dari sebuah network dan mentransmisikanya paket paket diantaranya. Kedua segmen harus menggunakan protocol yang identik utuk berkomunikasi. Bridge berfungsi pada layer Data Link, layer ke-2 dari model referensi OSI. Tujuan dari sebuah Bridge adalah untuk menyaring, mengirimkan atau melakukan broadcast pada setiap frame yang datang berdasarkan alamat MAC dari frame tersebut.
  11. Broadband Sebuah metodologi transmisi untuk melakukan multiplexing terhadap beberapa sinyal yang berbeda ke dalam satu kabel. Dalam telekomunikasi broadband di klarifikasikan sebagai kanal apapun dengan bandwidth lebih dari 4 kHz (atau di sebut voice grade dalam teknologi VLAN), Broadband juga di klarifikasikan sebagai sebuah kabel koaksial di mana sinyal analog di gunakan, broadband juga di sebut dengan "wideband" (pita lebar).
  12. Broadcast Merupakan sebuah frame data atau paket yang di transmisikan ke semua node pada segmen network local (seperti didefinisikan oleh domain). Broadcast di kenal dari alamat broadcastnya yang merupakan sebuah network dan alamat tujuan dengan semua bit di on-kan.
  13. Buffer Merupakan area penyimpanan yang menangani data saat data itu dalam transit. Buffer di gunakan untuk menerima atau menyimpan pengiriman yang sparodic dari data datayang membesar. Biasanya di terima dari sebuah alat yang lebih cepat untuk mengkompensasi  variasi variasi dalam kecepatan pemrosesan.
  14. Bus Topology Adalah sebuah arsitektur LAN linear dimana transmisi dari beberapa station pada network di buat kembali sepanjang medium dan di terima oleh semua station lain.
  15. Congestion Yaitu lalu lntas network yang melampaui kemampuan network menanganinya.
  16. Delay Adalah waktu yang lewat antara inisiasi transaksi dari pengirim dengan respons pertama yang di terimanya. Dan waktu yang di perlukan untuk memindahkan sebuah paket dari sumbernya ketujuanya melalui sebuah jalur.
  17. Encapsulation  Merupakan teknik yang di gunakan oleh protocol berlayer di mana sebuah layer menambahkan informasi header ke protocol data unit (PDU) dari layer di atasnya. Sebagai contoh dalam terminology internet, sebuah paket akan berisi sebuah header dari layer data link, di ikuti oleh sebuah header dari layer network (IP), di ikuti oleh sebuah header dari layer transport (TCP), kemudian di ikuti oleh data protocol aplikasi.
  18. Fast Ethernet Spesifikasi Ethernet yang memilki kecepatan 100 Mbps. Fast Ethernet adalah sepuluh kali lebih cepat di bandingkan dengan 10 Base T, dan mempertahankan kualitas kualitas 10 Base , seperti mekanisme MAC, MTU, dan format frame.
  19. Frame Adalah sebuah satuan informasi logical yang dikirimkan oleh layer data link melalui sebuah medium transmisi. Istilah ini terkadang mengacu pada header dan trailer, yang di gunakan untuk sikronisasi dan pengontrolan error, yang mengelilingi data yang tersimpan dalam unti tersebut.
  20. FTP Merupakan singkatan dari File Transfer Protocol yang di gunakan untuk mentransmisikan file file di antara node node network, mendukung banyak jenis file.
  21. Full Duplex Merupakan kapasitas untuk mentransmisikan informasi antara sebuah station pengirim dan sebuah unit penerima pada saat bersamaan.
  22. Half Duplex Merupakan kapasitas mentransfer data dalam hanya satu arah saja pada suatu saat antara sebuah unit pengirim dan unit penerima.
Nah itulah beberapa Istilah istilah Dalam Jaringan Komputer, tentunya materi ini sangat berguna bagi anak tkj yang masih sekolah, dan materi ini juga saya dapatkan dari sekolah. Semoga bermanfaat.

9 komentar untuk "Istilah istilah Dalam Jaringan Komputer"

  1. Terima kasih atas infonya. Lengkap dan jelas :).
    Salam kenal dari saya anak SMK jurusan Multimedia.

    BalasHapus
  2. terima kasih mas infonya berkat info ini saya jadi tahu istilah istilah yang berhubungan dengan jaringan

    BalasHapus
  3. Nice gan infonya :D buat pelajaran TIK joss bgt nih :v

    BalasHapus
  4. Nice post gan. makasih sudah berbagi Tutorial

    BalasHapus
  5. mantap info nya.. pelajaran ane pas waktu smk nih..

    BalasHapus
  6. Wah hebat sekali agan paham betul tentang komputer.ajrin dunk gan heheh

    BalasHapus
  7. makasih gan jadi banyak tau nih

    BalasHapus
  8. Aku setiap hari menggunakan komputer, tapi tidak satu pun istilah itu yg aku faham. Makasih infonye.

    BalasHapus
  9. ane dulu cuma tau bandwith, broadband , broadcast sama FTP :v
    sekarang jadi nambah :D
    thanks gan :D

    BalasHapus