Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beberapa Cara Dan Tips Mudah Merawat Printer Agar Awet & Kuat Tahan Lama

Beberapa Cara Dan Tips Mudah Merawat Printer Agar Awet & Kuat Tahan Lama

Tak bisa di pungkiri, printer memang menjadi alat elektronik yang wajib di miliki oleh sebuah perusahaan, lembaga, kantoran dan bahkan orang rumahan. Karena dengan printer kita bisa mencetak hasil karya atau dokumen ke dalam kertas. Jika anda sudah membeli printer baru, pastinya anda tidak ingin printer tersebut cepat rusak dan mengalami error. Maka dari itu anda harus merawat dan menjaga printer anda sebaik mungkin agar printer tetap awet dan tahan lama. Berikut adalah Beberapa Cara Dan Tips Mudah Merawat Printer Agar Awet & Kuat Tahan Lama, untuk segala jenis printer, dari printer canon maupun epson.
  1. Rutinlah menggunakan system Clean Head, minimal satu minggu sekali printer di Clean Head, hal ini bertujuan agar tinta pada printer tetap berjalan dengan lancar dan tidak tersumbat.
  2. Cek dan periksalah kertas jika mau melakukan print pada printer, jangan sampai ada kertas yang sobek atau tidak rata. Jika hal ini tetap di biarkan, maka dapat menyebabkan kerusakan pada komponen printer seperti cartridge, dan dapat mengakibatkan kertas macet saat nge-print.
  3. Gunakanlah printer sesering mungkin, minimal dua hari sekali. Hal ini berfungsi agar tinta yang terdapat pada cartridge dan selang infus tidak kering, dan jika printer jarang di gunakan, maka di khawatirkan tinta tidak akan keluar dan tidak bisa mencetak dokumen.
  4. Segera lakukan isi ulang tinta jika sudah sedikit dan jangan sampai menunggu tinta habis. Karena jika tinta kosong akan menyebabkan tersumbatnya tinta dari selang infus dan tinta pada cartridge pun akan terhambat untuk keluar.
  5. Bersihkan dan jagalah printer dari benda-benda asing, jangan sampai ada benda-benda selain kertas masuk ke dalam printer.
  6. Jauhkan printer dari minuman atau makanan, bayangkan jika minuman tumpah ke printer. Hal ini dapat merusak hardware yang ada pada printer.
  7. Jika ada kerusakan pada hardware printer, di sarankan jangan membongkar sendiri jika anda belum mahir, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada hardware printer.
  8. Jangan sekali-kali anda menyentuh kuningan chip yang terdapat pada cartridge dengan tangan. Karena chip tersebut sebagai penghubung ke komputer dan jika hal ini terjadi, maka dapat mempengaruhi system kerja printer.
  9. Gunakanlah refill tinta sesuai dengan merk printer anda, agar hasil cetakan lebih bagus dan berkualitas.
  10. Matikanlah printer menggunakan tombol power, jangan sekali-kali mematikan printer langsung mencabut kabel power. Karena hal ini dapat merusak system printer.
Semoga dengan Tips Mudah Merawat Printer Agar Awet & Kuat Tahan Lama, printer anda tidak mudah rusak dan tetap mencetak dokumen dengan kualitas tinggi.

Posting Komentar untuk "Beberapa Cara Dan Tips Mudah Merawat Printer Agar Awet & Kuat Tahan Lama"