Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Dan Jenis Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya

Pengertian Dan Jenis Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya

Mengenal dan mendengar kata Virus Komputer mungkin yang terbayang di fikiran anda adalah sebuah pengrusakan file, data, maupun system komputer. Ya begitulah, sama halnya seperti virus yang terdapat pada tubuh manusia. Virus komputer dapat merusak dan mengacak-acak komputer anda melalui berbagai media. dan virus komputer juga akan berusaha mengganggu komputer anda dengan berbagai cara sesuai karakter virus tersebut di ciptakan.
Di ciptakan? Berarti di buat oleh manusia?
Ya, pada hakikatnya virus komputer merupakan sebuah program yang di buat dan di ciptakan oleh manusia. Dialah para programmer  handal yang mengetahui betul cara kerja system komputer. Seperti halnya seorang dokter spesialis yang tahu persis bagaimana tubuh anda bekerja.

Sayangnya, kehandalan mereka membuat program tidak di salurkan pada hal-hal yang positif. Justru sebaliknya, mereka juga berjumlah banyak atau berkelompok dalam membuat sebuah program. Tak heran bila selalu muncul virus-virus baru dan lebih berbahaya buat komputer. Seiring berjalannya waktu, virus komputer bermunculan setiap harinya. Maka dari itu, kemampuan membasmi dan menghapus virus harus di miliki oleh setiap pengguna komputer.

  • Pengertian VIRUS dalam Komputer
Virus komputer adalah sebuah program komputer yang bisa menyalin atau menggandakan dirinya sendiri, dan menyebar di system-system komputer dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam file-file atau data komputer. Virus komputer pada umumnya juga dapat merusak software (perangkat lunak), akan tetapi tidak secara langsung merusak hardware (perangkat keras).

Tapi lama kelamaan virus komputer akan dapat merusak perangkat keras komputer dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif dari virus komputer adalah mereka dapat dengan cepat menggandakan dirinya sendiri dan menyebar luas di system komputer, sehingga dapat mengganggu kerja komputer dan membuat sumber daya komputer (seperti penggunaan memori dan kapasitas penyimpanan) menjadi berkurang secara signifikan.

Virus komputer yang paling banyak adalah virus yang menyerang system operasi windows yaitu 95% dan sisanya menyerang system operasi Linux/GNU, FreeBSD, Mac, OS/2 IBM dan lain-lain, tetapi ingat virus ganas akan dapat merusak hardware (perangkat keras). Seperti peribahasa Ada gula ada semut, ada komputer pasti ada virusnya.

Sekarang hampir semua komputer di intai oleh sekawanan virus yang siap menyergap di saat lengah. Mereka  tidak mengenal waktu siang atau malam, bila ada celah pasti dalam sekejap komputer anda akan terinfeksi virus. Virus juga tidak memandang bulu, apakah yang di intai itu komputer milik cowo ganteng, cewe cantik, anak kecil, orang dewasa, nenek-nenek, pejabat desa, pejabat negara dan lain-lain.

  • Jenis Jenis "VIRUS" Komputer Paling Berbahaya
Pengertian Dan Jenis Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya

1. Boot Virus

Virus jenis ini menyerang boot sector pada media penyimpan utama dan permanent yaitu harddisk, virus ini akan aktif saat komputer pertama kali di hidupkan, lebih tepatnya pada saat booting komputer.

2. Program Virus

Virus ini akan menyerang dan menempel pada file-file tertentu, biasanya file-file yang berekstensi (berahiran) .exe, .com, .sys, .txt dan lain-lain. Virus ini akan mulai bekerja jika file-file tersebut di jalankan.

3. Mikro Virus

Sama halnya seperti Program Virus, virus ini juga akan menyerang dan menempel pada file-file, tetapi yang di serang virus ini adalah file office dan biasanya menyerang spreadsheet atau word processing sebagai macro. Virus jenis ini juga akan menyerang pada saat file di aktifkan/di jalankan.

4. Worm

Virus ini akan menyerang media penyimpanan harddisk, dengan cara menggandakan dirinya pada harddisk. Sehingga membuat sumber daya komputer (Harddisk) penuh dengan virus ini.

5. Trojan

Virus ini akan sangat membayakan bagi pengguna komputer yang mempunyai data penting, karena virus jenis ini akan mengambil data komputer yang sudah terinfeksi virus dan akan mengirimkan data tersebut kepada pembuat virus trojan ini.

6. Rogue

Virus Rogue merupakan jenis virus yang menjiplak program antivirus dan juga akan menampilkan aktifitas layaknya seperti antivirus sungguhan, dan memberikan peringatan-peringatan adanya virus palsu. Tujuan di buatnya virus ini adalah supaya pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus Rogue tersebut. Virus ini juga dapat membuka celah dan ruang keamanan komputer, sehingga dapat mendatangkan virus lain.

7. Virus Shortcut

Virus jenis ini merupakan virus paling berbahaya yang bekerja dengan cara menyalin atau menggandakan dirinya dan menyebar di seluruh komputer maupun perangkat lain, kenapa saya menyebut virus ini paling berbahaya? Karena di tahun 2011 virus shortcut berhasil menyerang jutaan komputer. Virus ini juga di sebut dengan virus ramnit, baca : Cara Ampuh Menghapus Dan Menghilangkan Virus Shortcut

Bagaimana virus bisa masuk dan merusak program komputer? 
Tentu saja melalui perantara, perantara tersebut bisa CD/DVD, Usb flashdisk, jaringan (LAN, internet, bluetooth, infrared), harddisk external, disket dan media lainnya.  Baca : Cara Mudah Agar Flashdisk Aman Dan Terhindar Dari Virus.
Lalu, Bagaimana bila media-media tersebut tidak gunakan sama sekali? 
Tentu saja anda tidak perlu meng-install antivirus. Karena, tanpa media-media di atas, virus di pastikan tidak akan masuk dan menyerang komputer anda. Masalahnya, perangkat-perangkat di atas adalah perangkat vital yang anda gunakan, salah satunya perangkat yang sering anda gunakan adalah Usb flashdisk, hampir setiap jam anda memakainya baik itu untuk menyalin, memindah, maupun menyimpan data. Jadi, antivirus harus dan mutlak anda install di komputer agar tetap aman dan terhindar dari virus.

Lalu, Antivirus seperti apakah yang di perlukan, agar komputer aman? 
Jelas, antivirus yang di perlukan adalah antivirus yang kuat, handal, terpercaya, di buat oleh perusahaan-perusahaan ternama dan satu lagi yaitu gratiss.hehe... 

Jika anda ingin meng-install antivirus anda harus benar-benar memperhatikan kinerja antivirus tersebut. Berikut adalah beberapa tips memilih antivirus, agar komputer anda tetap aman dan terhindar dari virus.

Janganlah anda menggunakan antivirus sembarangan, jangan mengunduh file apapun ketika antivirus anda sedang di update, Backuplah data anda secara rutin, misalnya : setiap dua hari sekali atau setiap 1 hari sekali, ini berguna untuk menyelamatkan data anda saat ternyata virus lebih kuat dari pada antivirus yang anda pakai. Itulah Pengertian Dan Jenis Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Jenis Jenis Virus Komputer Paling Berbahaya "