Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Komputer Vs Laptop, Fungsi Sama Tapi Beda

Komputer dan laptop itu fungsinya memang sama tapi berbeda, bingungkan? Nah sekarang saya akan menjelaskan kenapa fungsinya sama tapi beda. Mungkin bagi anda yang mahir di bidang teknology pasti sudah mengetahui mengapa komputer dan laptop itu beda. Dahulu komputer memang menjadi sebuah alat elektronik yang canggih, menawan dan sebagai alat elektronik yang langka dan manfaatnya pun sangat banyak, mulai dari untuk pengetikan, design, dan lain sebagainya. Tapi dengan berjalannya waktu kini komputer mulai jarang di gunakan oleh user, dan di gantikan dengan adanya teknology dan temuan baru yang di juluki laptop. Sama tapi beda, memang fungsi komputer itu sama persis dengan laptop, komputer bisa di gunakan untuk mengetik, mendesign, membuat laporan dan sebagainya, maka laptop pun bisa di gunakan untuk itu. 
Lalu di mana sisi beda antara komputer dan laptop?
Sebelum membahas lebih dalam mengenai perbedaan antara komputer dan laptop, alangkah baiknya anda baca dahulu pengertian dari komputer dan laptop tersebut.
  • Pengertian Komputer
Komputer merupakan sekumpulan alat elektronik yang di gabungkan atau di satukan menjadi satu bagian, dan alat elektronik tersebut bekerja secara bersamaan di bawah kontrol program. Dan komputer juga dapat menerima data (input), mengolah (proses) dan  menghasilkan informasi (output) berupa suara, gambar atau yang lainnya.
  • Pengertian Laptop
Laptop atau jika dulu di sebut dengan komputer jinjing, atau juga di sebut dengan computer portable. Kenapa di sebut dengan komputer jinjing? Ya karena laptop merupakan sebuah komputer bergerak yang ukurannya relatif kecil dan mudah di bawa ke mana-mana, berat laptop juga berkisar 1kg hingga 6kg tergantung pada ukuran, bahan dan dari spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya yang terdapat pada komputer jinjing (laptop) ini menggunakan baterai atau adaptor A/C yang bisa di gunakan untuk mengisi ulapng baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Dan baterai laptop pada umumnya itu bertahan 1-6 jam, tergantung cara pemakaian, ukuran baterai dan spesifikasi laptop tersebut. Laptop juga kadang di sebut dengan komputer notebook/notebook saja.

Komputer Vs Laptop, Fungsi Sama Tapi Beda

Bagaimana sudah tahukan pengertian komputer dan laptop? Perbedaan yang sangat signifikan antara komputer dan laptop adalah jika komputer itu tidak bisa di bawa kemana-mana atau tetap pada suatu tempat jika ingin mengoperasikannya, sedangkan laptop itu bisa di bawa kemana-mana jika anda ingin mengoperasikannya. Tapi masih ada banyak hal perbedaan antara komputer dan laptop. Berikut di bawah ini beberapa perbedaan antara komputer dan laptop.

Baca : Inilah Merk Laptop Gaming Terbaik Dan Murah Untuk Games
  • Perbedaan Komputer dan Laptop
1. System Perakitan
Pada umumnya komputer yang beredar dan di pasarkan di indonesia adalah buatan/rakitan dalam negeri, hal ini akan memudahkan konsumen untuk membeli sesuai keinginan dan kebutuhan. Demikian pula jika ingin mengganti atau mengubah spesifikasinya (Upgrade).  Sedangkan laptop datang ke indonesia sudah dalam kondisi jadi (rakit), sehingga konsumen akan merasa kesulitan jika ingin mengubah spesifikasinya dan harus membawa ke tukang service laptop.

2. Kemampuan Bekerja 
Pada umumnya komputer lebih efisien jika di gunakan untuk hal bekerja, seperti design grafis, pengetikan dan lainnya. Hal ini berhubungan dengan besar ruang data yang terdapat pada komputer, dan laptop kurang maksimal jika di gunakan untuk bekerja.

3. Energi
Dalam hal ini komputer membutuhkan energi atau daya yang besar,dan jika sedang di gunakan arus listrik juga harus kuat. Berbeda halnya dengan laptop yang menggunakan daya relatif lebih irit dan tagihan yang di bayarkan setiap bulan juga lebih hemat.

4. Keawetan
Sebenarnya untuk hal ini tergantung dari cara pemakaian dan individu masing-masing, tetapi menurut pengalaman saya komputer lebih terjamin awet jika di bandingkan dengan laptop. Tapi semua tergantung bagaimana kita merawat komputer dan laptop tersebut.

5. Harga
Nah untuk masalah harga juga sangat signifikan, walaupun spesifikasi komputer dan laptop itu sama tapi harganya bisa terpaut jauh. Komputer relatif lebih murah dari pada laptop, mungkin karena dari segi kemudahan laptop yang tidak terdapat pada komputer.

Sudahkah anda tahu mengapa komputer dan laptop fungsi sama tapi beda? Itulah beberapa perbedaan komputer dan laptop. Semoga dengan membaca artikel di atas anda jadi bisa membedakan antara komputer dan laptop. Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Komputer Vs Laptop, Fungsi Sama Tapi Beda"

  1. baca artikel agan, jd pngin bli komputer biar bisa main game seharian hehe. beda sama laptop dipake bntar panas, haha sdikit curhat gan

    BalasHapus