Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

21 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Yang Menguntungkan

Ide Bisnis Online - Internet memudahkan kita dalam segala hal. Termasuk bisnis online dari rumah, anda tidak perlu keluar rumah untuk menjalankan bisnis ini. Dan tidak perlu juga mendirikan toko atau sewa toko untuk memulai suatu bisnis online.

Apalagi bagi anda yang pengangguran, ide bisnis online dari rumah bisa menjadi solusi dan wajib anda coba agar bisa tetap mendapatkan penghasilan. Sebenarnya ini adalah sebuah peluang yang bagus untuk memulai, apalagi jika anda ingin menjadi bos dan membuka lowongan pekerjaan untuk yang lainnya. 

Nah kali ini kami akan memberikan 21 Ide Berbisnis Online Tanpa Modal. Dan bisa di lakukan oleh siapapun dan dimanapun.

Sebelum memulai berbisnis online, ada baiknya anda harus menyiapkan alat yang perlu di gunakan untuk anda bekerja nantinya, contohnya : PC/komputer, laptop, HP dan koneksi internet. Jika semua sudah ada mari simak artikel ini.

Berikut 21 Ide Bisnis Online Tanpa Modal

1. Dropshipper

Bisnis online yang pertama adalah menjadi seorang dropshipper. Ya cara ini tergolong mudah dan bisa di lakukan kapan saja.

Caranya yaitu, kamu menjualkan produk orang lain atau bisa juga produk yang ada di marketplace seperti : Lazada, Shope, Tokopedia, Bukalapak dll. Dari situ kamu tinggal pilih dan lihat barang atau produk mana yang mempunyai daya beli yang laris, lalu kamu bisa jual sendiri.

Kalau kamu tekun dan giat bisnis online dropshipper ini, bukan tidak mungkin kamu bisa menghasilkan ratusan bahkan jutaan rupiah perhari.

2. Penerjemah

Bisnis online selanjutnya adalah translator atau penerjemah, ya jika kamu mahir suatu bahasa asing tertentu entah itu bahasa inggris, prancis, jerman, arab atau bahasa asing lainnya. Tentu kamu bisa mencoba menjadi penerjemah di kala waktu luang.

Tapi, perlu kamu ketahui banyak di internet instansi atau perusahaan yang mencari penerjemah yang berkualitas dan mahir. Namun tak ada salahnya jika kamu pun ikut mencoba menjadi translator bagi perusahaan mereka.

Gaji yang di tawarkan pun lumayan berkisar $100 sampai $300. Bagaimana, berminat?

3. Jastip Online

Selanjutnya adalah jasa titip online atau jastip online. Nah bisnis ini cocok banget buat kamu yang hobi berbelanja. Sambil belanja, juga mendapat keuntungan. 

Sistemnya, kamu tinggal beli barang yang di pesan oleh konsumen, lalu kamu ambil profit atau keuntungan dari jastip beli itu sendiri.

Walau untungnya tidak terlalu banyak, tapi lumayan buat menghasilkan uang tambahan jajan. hehe,, Selain itu kamu pun tak ada resiko rugi, karena barang yang kamu beli uangnya dari konsumen.

4. Menjadi Blogger

Bisnis online yang selanjutnya adalah, kamu bisa menjadi seorang blogger. Apa itu blogger? Mungkin ada sebagian kalian yang belum tau. Jadi blogger adalah seseorang yang mempunyai web atau blog dan di isi dengan tulisan sesuai yang kamu bisa atau bisa juga di isi dengan keseharianmu (vlogger).

Blogger ini cocok banget buat kamu yang suka menulis, jadi blog kamu nantinya di isi dengan hasil tulisan tulisanmu seperti : Puisi, Tutorial, masakan dan yang lainnya. 

Terus bagaimana agar bisa menghasilkan uang?

Nah nantinya jika sudah banyak hasil tulisan di dalam blog kamu, dan sudah kamu desain sesuai keinginanmu. Tentunya sudah banyak visitor atau pengunjung yang melihat hasil tulisanmu melaui search engine. Kamu bisa memonetisasi blog kamu dengan adsense, mgid atau platform lainnya yang bisa menghasilkan uang. 

5. Pemasaran Affiliasi

Pemasaran affiliasi atau biasa di kenal dengan affiliate marketing adalah suatu bisnis online yang mempromosikan layanan atau barang orang lain melalui media sosial, blog atau channel youtube anda. Bisnis online ini sangat cocok bagi pemula, dan bisa di lakukan kapan saja dan dimana saja.

Sudah banyak para pelaku bisnis online pemasaran affiliasi ini, dan rata rata mereka menggunakan media sosial seperti : facebook, instagram dan whatshapp untuk media promosi. Namun banyak juga dari mereka yang menggunakan web atau blog sebagai media promosinya.

Konsepnya seperti ini, anda join ke suatu perusahaan yang menawarkan affiliate marketing, lalu anda pasarkan produknya dan kalau ada konsumen yang membeli barang/produk perusahaan melalui anda, tentunya anda mendapatkan komisi dari perusahaan tersebut.

6. Menjual Produk Kerajinan Tangan

Bagi kalian yang mempunyai keahlian dalam hal kerajinan, cocok banget nih buat referensi anda. Anda bisa membuat kerajinan tangan seperti : anyaman bambu, asbak, sapu lidi, sulak dan lainnya. Kemudian anda jual melalui online.

Biasanya nih, banyak orang yang tertarik dengan kerajinan tangan yang unik, menarik dan belum ada di tempat lain. Sehingga dari situ anda bisa menetapkan nilai atau harga jual sendiri, dan bisa juga anda menetapkan harga jual lebih tinggi dari umumnya.

7. Membuka Kursus Online

Walapun di internet sudah banyak tersebar tutorial atau cara cara yang anda cari di mesin penelusuran seperti google. Namun masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami tersebut tersebut. 

Nah jika anda membuka kursus online, anda bisa mengajarkan step by step kepada mereka yang membutuhkan sesuai kursus online yang anda buka. Misal anda membuka kursus online tentang cara beriklan di fbads. Nah dari situ pasti masih banyak orang yang belum paham apa itu fbads, bagaimana caranya, serta gimana untuk optimalkan fbads.

Untuk media pemasarannya sendiri, silakan anda bagikan atau promosikan kursus online tersebut melalui media sosial atau website.

8. Desain Grafis

Bagi kalian yang mempunya keahlian dalam mendesain, bisa menawarkan jasa yang anda miliki untuk mendesain sebuah foto, undangan, spanduk dll. Tentunya menggunakan aplikasi pendukung photoshop, coreldraw, atau yang lainnya.

Dan dari situlah nantinya anda akan mendapatkan penghasilan serta jika konsumen puas. Maka bukan hal mustahil akan menggunakan jasa desain anda di kemudian hari.

9. Berjualan Di Marketplace

Berjualan di marketplace menjadi pilihan banyak orang sekarang, karena sistemnya jelas serta pembayaran dan pengiriman barangnya juga mudah.

Tidak ada salahnya kamu juga ikut jualan di marketplace, apa saja seperti yang tadi poin nomer 6. Produk kerajinan tangan kamu pun bisa kamu jual melalui marketplace.

10. Menjadi Streamer

Ahir ahir ini banyak orang yang memilih menjadi streamer di platform seperti facebook, youtube. Nah anda pun juga bisa menjadi streamer seperti orang lain. Ada berbagai banyak hal yang bisa anda lakukan saat streming, seperti : bermain game, tutorial make up atau ngevlog.

Nah kalian juga bisa mendapatkan uang melalui streaming, seperti ada yang endorse atau memonetisasi platform streaming kalian. Jadi kalian bisa mendapatkan penghasilan walupun dirumah saja.

11. Jualan Kuota/Pulsa Online

Bisnis online jualan kuota adalah pilihan yang tepat dan mudah, apalagi sekarang semua serba pakai kuota. Anda bisa menawarkan bisnis jualan pulsa/kuota melalui media sosial atau dari mulut ke mulut.

Selain itu pilihlah distributor yang kalian inginkan, mau melalui providernya langsung atau pihak kedua seperti : Dana, Tokopedia atau yang lainnya.

12. Jual Jasa Listrik Online

Anda bisa menawarkan jasa pembelian atau pembayaran listrik melalui online dan tentunya sudah bekerjasama dengan distributor atau pihak yang terkait. Nah di sini anda bisa mendapatkan keuntungan dari para konsumen jasa anda.

13. Reseller Online

Selanjutnya bisnis online yang lain adalah anda menjadi reseller atau menjual kembali barang yang sudah anda beli dari supplier dengan harga yang lebih tinggi agar anda mendapatkan cuan atau keuntungan.

Untuk menjadi reseller anda membutuhkan modal awal untuk membeli barang dari supplier, jika anda tidak memiliki modal. Ada baiknya ada memulai bisnis online menjadi seorang dropshipper.

14. Jasa Pembuatan Website

Jasa ini membutuhkan keahlian khusus dalam bidangnya, jika anda mengerti cara membuat website baik yang statis atau yang menggunakan HTML open source CMS seperti wordpress atau joomla, anda bisa menawarkan jasa pembuatan website ini ke orang lain atau perusahaan yang sedang membutuhkan.

15. Jasa Penulis Artikel

Sama seperti halnya menjadi blogger, namun jasa penulis artikel ini lebih cepat menghasilkan uang. Bagaimana bisa? ya tentu saja, anda bisa memposting di medsos yang kalian punya atau bisa juga menjual artikel hasil tulisan kalian ke sebuah website seperti : sribulancer, project.co.id dan lain sebagainya.

Nah untuk mendapatkan hasil di website ini, hal yang perlu kalian ketahui adalah bahwa tulisan kalian harus lulus atau bisa mengikuti kaidah SEO (Search Engine Optimation), selain itu juga tata bahasa yang bagus, keyword yang relevan dan masih banyak hal lainnya. Namun tak ada salahnya jika kalian mau mencoba.

16. Jasa Edit Video

Di jaman seperti ini yang sudah serba edit mengedit. Keahlian edit video ini sangat di butuhkan untuk berbagai acara seperti : Pernikahan, Liburan, Ulang tahun dll. Nah jika kamu mempunyai keahlian editing video, kamu bisa membuka jasa edit tersebut.

Banyak aplikasi yang mendukung untuk edit video, seperti : Filmora, Vegas pro, atau bahkan Adobe premier dan lainnya. Dengan aplikasi pendukung tersebut anda bisa lebih pro dalam editing video.

17. Jual Barang Bekas Online

Jika kamu punya banyak barang bekas yang masih bagus kualitasnya, jual saja di marketplace. Banyak loh yang cari barang bekas, apalagi jika harga yang kamu tawarkan murah dan kualitas barangnya masih bagus walupun second atau bekas.

Contoh barang bekas seperti : Kemeja, Jaket, Kaos, Buku, Mainan dan masih banyak lagi, nah semua itu jika sudah tak terpakai lagi, kamu bisa menjualnya. Dari pada tak terpakaikan? mending di jual kamu bisa mendapatkan pundi pundi uang. 

18. Influencer/Selebgram

Tentunya anda sudah tak asing dengan ini, ya menjadi selebgram atau influencer saat ini banyak di minati oleh banyak orang. Ada banyak cara untuk menjadi influencer salah satunya adalah anda melakukan cover lagu, tutorial editing, posting komik dan lainnya. Ingat tidak harus selalu foto selfie untuk menjadi sebuah selebgram atau influencer.

Untuk penghasilannya sendiri, jika nanti ada sebuah produk atau brand yang mengubungi dan meminta endorse ke anda. Maka anda bisa pasang tarif untuk sekali endorse, dan di situlah anda mulai mendapatkan penghasilan. 

19. Jasa Percetakan

Jika anda berada di tempat tinggal yang menyediakan jasa percetakan, tentunya anda bisa meminta izin kepada pemilik untuk mempromosikan jasa percetakan mereka secara online serta menerima pesanan dari situ, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya dan modal.

Nah untuk menggeluti bisnis ini anda harus mengerti beberapa hal, seperti : ukuran kertas, jenis media cetak, jenis mesin cetak dll. Agar nantinya anda bisa melayani konsumen dengan baik dan benar.

20. Menjadi Publisher

Menjadi publisher adalah salah satu bisnis online yang mudah di lakukan, kamu tinggal membuat blog atau membuat channel youtube, dan isi kontent sesuai yang kamu inginkan.

Nah nantinya jika blog atau channel youtubemu sudah memenuhi syarat monetize, kamu bisa mendaftarkannya ke adsense atau platform iklan lainnya. Dan dari situlah nanti kamu akan mendapatkan penghasilan.

21. Membuat Aplikasi Mobile

Bisnis online yang terahir ini membutuhkan keahlian yang bisa di bilang rumit. Pasalnya membuat sebuah aplikasi itu harus paham bahasa pemrograman seperti : c++, phyton java dan lainnya.

Bagi anda yang mempunyai keahlian atau mengerti tentang bahasa pemrograman, bisa di coba untuk membuat aplikasi mobile lalu anda upload ke appstore atau google playstore. Dan dari situlah anda juga bisa monetize aplikasi atau berbayar.

Kesimpulan

Tidak ada yang tak mungkin di dunia ini, seperti bisnis online yang sudah kami jelaskan diatas. Tidak ada salahnya jika anda mau mencoba salah satu dari bisnis online tanpa modal. Selain itu bisa juga menjadi solusi terbaik untuk usaha sampingan di rumah saat kondisi pandemi seperti ini.

Memulai suatu bisnis tidaklah suatu hal yang mudah, benar benar akan membutuhkan pengorbanan yang besar dulu, mulai dari tenaga, waktu bahkan uang. Tapi hasilnya akan bisa di bilang sangat terasa indah apabila anda tidak menyerah di tengah jalan. 

Tidak ada usaha yang menghianati hasil !!

Saran saja dari kami, jika anda mempunyai modal untuk bisnis, janganlah buru buru untuk membayar atau memperkerjakan orang lain untuk mengerjakan pekerjaan anda. Cobalah lakukan sendiri agar anda tahu bagaimana berjalannya suatu bisnis yang sedang anda rintis.

Bagi anda yang kekurangan modal atau tidak ada modal sama sekali mungkin artikel ini cocok bagi anda yang mau memulai usaha 11 Peluang Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil & Untung Besar.

Mungkin itu saja  21 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Yang Menguntungkan semoga bisa menjadi inspirasi anda untuk memulai dan semoga usaha atau bisnis yang anda lakukan berhasil.

Posting Komentar untuk "21 Ide Bisnis Online Tanpa Modal Yang Menguntungkan"